FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) INDEKS PERTAHANAN WILAYAH DI KALIMANTAN DIHADAPKAN RENCANA PEMINDAHAN IBU KOTA NEGARA

Friday, 11 November 2022

Pontianak, Selasa (08/11/2022). Telah dilaksanakan focus group discussion (FGD) dengan tema Indeks Pertahanan Wilayah di Kalimantan Dihadapkan Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara. Tujuan kegiatan ini adalah pengumpulan data dan diskusi yang dihadiri narasumber dari Binda Provinsi Kalbar, Asops Kasdam XII/Tanjungpira Pontianak, Bappeda Provinsi Kalbar, Bakesbangpol Provinsi Kalbar, BPS Provinsi Kalbar, Keimigrasian Provinsi Kalbar, Dinas PUPR Provinsi Kalbar dan Universitas Tanjungpura Pontianak serta anggota Puslitbang Strahan yang terkait.

Acara dibuka oleh Brigjen TNI Yan Namora Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan dengan membacakan Sambutan Kabalitbang Kemhan. Diskusi berjalan lancar, dengan moderator Kolonel Chb Drs. Sulaiman Nur.

Hasil yang menonjol adalah kekuatan pertahanan wilayah. Dilanjutkan paparan oleh Ketua Tim Kabid Wilneg Puslitbang Strahan Balitbang Kemhan Eko Rahardjo, S.T., M.Sc, yang mengarahkan diskusi tentang Indeks Pertahanan Wilayah. Sampaikan Gap antara kekuatan yang diinginkan berbasis standar dengan realita atau kemampuan yang diinginkan.

Secara umum diperoleh data dari berbagai instansi (data kekuatan pertahanan).




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia