Diklat Kader Bela Negara BNI Calon Junior Relationship Manager dan Assistant Development Program

Mojokerto, Jatim, 21/3/2016 Kabadiklat Kemhan Mayor Jenderal TNI Hartind Asrin hari ini Senin, 21 Maret 2016 membuka secara resmi Diklat Kader Bela Negara bagi Calon Junior Relationship Manager dan Assistant Development Program BNI Kanwil Surabaya di Obis Camp Trawas, Jl.Trawas-Mojosari, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur. Dalam amanatnya di depan Calon Junior Relationship Manager dan Assistant Development Program BNI Kanwil Surabaya yang berjumlah 154 orang, Mayor Jenderal TNI Hartind Asrin selaku Kabadiklat Kemhan menyampaikan bahwa Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara. Untuk membentuk sikap dan prilaku perorangan maupun kelompok sesuai kebutuhan organisasi, hanya dapat dilakukan melalui Diklat yang terstandar dan terukur sebagaimana yang akan dilaksanakan oleh para peserta Diklat sekalian. Usaha pembelaan negara tidak sebatas memanggul senjata semata, tetapi juga meliputi berbagai sikap dan tindakan untuk meningkatkan kemajuan bangsa. Artinya, membela negara tidak saja sebatas pada membela negara dari serangan musuh, melainkan juga membela negara dari kebodohan, kemiskinan, kemunduran, ketidakadilan, perpecahan, dan lain-lain yang menghambat kemajuan bangsa.

Dalam upaya bela negara, semua anak bangsa harus tergerak dan bergerak sesuai ladang pengabdiannya masing-masing. Panggilan untuk bela negara dapat dilakukan oleh seluruh warga negara Indonesia sesuai profesinya, termasuk di dalamnya sebagai seorang Junior Relationship Manager dan Assistant Development Program BNI. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Bank Negara Indonesia (BNI) merupakan bank pertama milik negara yang lahir pada masa kemerdekaan Republik Indonesia, tepatnya pada Tahun 1946. Seiring waktu dalam mencapai misinya BNI telah mencanangkan Visi “Menjadi Lembaga Keuangan yang Unggul dalam Layanan dan Kinerja” dengan motto “Melayani Negeri, Kebanggaan Bangsa”. Sejalan dengan itu, salah satu langkah yang ditempuh oleh pimpinan BNI Kantor Wilayah Surabaya dalam mempersiapkan generasi penerusnya adalah melalui Diklat Kader Bela Negara BNI bagi calon Junior Relationship Manager dan Assistant Development Program BNI.

Diklat ini merupakan Diklat keempat di lingkungan BNI, yang bertujuan untuk membentuk sikap dan prilaku bagi pejabat Junior Relationship Manager dan Assistant Development Program BNI agar memiliki karakter yang baik dalam rangka mendukung tugas dan fungsi BNI Kantor Wilayah Surabaya. Sehingga sangatlah tepat bila diklat ini mengusung tema “Melalui Pendidikan dan Pelatihan Kader Bela Negara BNI, Kita Wujudkan Junior Relationship Manager dan Assistant Development Program yang Berkarakter”. Diklat Kader Bela Negara BNI bagi calon Calon Junior Relationship Manager dan Assistant Development Program BNI Kanwil Surabaya ini bertujuan untuk membekali peserta Diklat dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap perilaku sebagai kader bela negara BNI yang berkarakter. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Junior Relationship Manager dan Assistant Development Program BNI, adalah ujung tombak organisasi, sehingga tidaklah cukup dengan berbekal ilmu pengetahuan saja, tetapi ada hal-hal prinsip yang harus dimiliki dan itu hanya akan diperoleh melalui pendidikan dan pelatihan baik secara teori maupun praktek. Diantaranya adalah harus memiliki kedisiplinan, keteladanan, bertanggung jawab, pantang menyerah, kerja sama, berani mengambil resiko dan jiwa korsa. Selain itu, dalam melaksanakan tugas sehari-hari juga harus mampu memberikan energi positif bagi lingkungan sekitarnya dengan didasari keikhlasan dan ketulusan dalam bekerja. Sebagai seorang Junior Relationship Manager dan Assistant Development Program BNI, dituntut harus mampu dan mau bekerja untuk jangka waktu tertentu serta mampu bekerja dalam kondisi tekanan seberat apapun. Bekal pengetahuan dan keterampilan serta pembentukan sikap prilaku tersebut akan diterima selama Diklat. Adapun pelaksanaannya akan diawali dengan pembekalan secara teori yang selanjutnya dipraktikkan di lapangan dalam situasi dan kondisi yang senantiasa berubah sesuai tujuan yang akan dicapai pada tiap materi Diklat nya.

Kabadiklat Kemhan selaku yang bertanggung jawab penuh atas penyelenggaraan Diklat ini, memerintahkan kepada pihak penyelenggara dan pendukung untuk melaksanakan semua aturan yang sudah ditetapkan secara benar dan bertanggung jawab.belneg-mojokerto Medan latihan yang akan digunakan cukup luas dan bervariasi, oleh karena itu Kabadiklat Kemhan mengingatkan untuk lebih mengutamakan faktor keamanan dimanapun berada. Adakan pengecekan terhadap personel, materiil dan kegiatan sebelum, saat dan sesudah kegiatan. Selama Diklat agar berpedoman pada apa yang diajarkan itu yang dilatihkan, apa yang dilatihkan itu yang diuji dan diimplementasikan dalam praktik di lapangan baik siang maupun malam. Pada akhir amanatnya, Kabadiklat Kemhan berpesan agar peserta Diklat selalu mengikuti semua aturan dan ketentuan yang diinstruksikan oleh pelatih. Sebagai insan BNI yang tangguh, jangan pernah mengenal kata menyerah, harus bangga sebagai peserta Diklat Kader Bela Negara BNI, tetap bersemangat, ikhlas dan bertanggung jawab, sehingga Diklat akan