UPACARA PEMBUKAAN SUSKAT MANAJEMEN PERTAHANAN TA. 2016 DI BANDAR LAMPUNG

BANDAR LAMPUNG – Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan (Badiklat Kemhan) bekerja sama dengan Pemprov Lampung dan Kodam II /Sriwijaya menyelenggarakan Kursus Singkat Manajemen Pertahanan Negara Mobile di Bandar Lampung selama 3 hari mulai tanggal 20 sampai dengan 22 April 2016. Kegiatan yang diperuntukkan untuk kalangan umum tersebut berlangsung di Gedung Serbaguna, Kompleks Kantor Gubernur Lampung.

Kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta diklat yang merupakan perwakilan dari kalangan pejabat Pemda, tokoh agama, tokoh adat, tokoh perempuan, beberapa dari kalangan LSM dan juga organisasi. Kepala Badan Diklat Kemhan RI, Mayjen TNI Hartind Asrin dalam sambutannya pada upacara pembukaan menyampaikan bahwa era globalisasi yang terjadi saat ini dimana ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern khususnya teknologi informasi, kominikasi dan transportasi, menjadikan dunia seakan-akan menyatu menjadi kampung dunia (global village) tanpa mengenal batas negara. Menyikapi permasalahan tersebut Kemhan merasa perlu menyelenggarakan Kursus Singkat ‘Pembangunan Karakter Bangsa” dengan tujuan agar terjadi peningkatan kesadaran akan wawasan kebangsaan dan bela negara.

Sejalan dengan itu dalam amanatnya, perlu peran berbagai elemen bangsa baik pemerintah maupun masyarakat untuk membangun karakter bangsa dan menumbuhkembangkan bela negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kegiatan Suskat mobile ini diharapkan dapat membentuk karakter dan jati diri masyarakat sebagai warga negara indonesia, sehingga kegiatan semacam ini perlu dilaksanakan secara berkesinambungan. Mengakhiri amanatnya pada upacara pembukaaan tersebut, Kabadiklat kemhan menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Pemprov Lampung, Kodam II/Sriwijaya dan semua pihak yang telah membantu terselenggaranya Suskat ini.