PESERTA DIKLAT KUASA PENGGUNA ANGGARAN KEMENHUB MENERIMA CERAMAH BELA NEGARA

27/4/2016. Peserta Kuasa Pengguna Anggaran Kementerian Pertahanan menerima ceramah bela negara yang disampaikan oleh Kabadiklat Kemhan Mayor Jenderal TNI Hartind Asrin pada hari rabu, 27 April2016 bertempat di Pusat Pengembanagn SDM Apararatur Perhubungan Badan Pengembanagn SDM Perhubungan Kementerian Perhubungan Jl Raya Parung KM 28,4 Kemang Bogor.

Peserta Diklat adalah Pejabat yang akan dilantik menjadi Kuasa Pengguna Anggaran (eselon 2 dan eselon 3) di lingkungan Kementerianan Perhubungan. Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dalam Perpres tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah adalah Pejabat yang ditetapkan oleh Pengusa Anggaran untuk menggunakan APBN atau ditetapkan oleh Kepala Daerah (atas usul PA) untuk menggunakan APBD (Pasal 1 angka 6 Perpres No.4 Tahun 2015). Oleh sebab itu Kabadiklat Kemhan menegaskan, sebagai calon Pejabat yang terkait erat dengan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, para peserta diklat harus dapat benar-benar memahami dan menerapkan 5 nilai-nilai dasar bela negara dalam segala aspek terutama di dalam lingkungan kerja. Dengan demikian diharapkan mekanisme pengadaan barang/jasa pemerintah akan menjadi semakin transparans dan akuntabel.

Ceramah berlangsung selama lebih kurang 120 menit dengan metode ceramah dan tanya-jawab. Peserta diklat merasa antusias karena banyak pengetahuan dan hal-hal baru yang mereka dapatkan dalam ceramah tersebut terutama tentang dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara terkini.