Semarak Bela Negara Raturala

Jakarta. Kementerian Pertahanan RI menggelar kegiatan “Semarak Bela Negara di Darat, Udara, dan Laut (Raturala) dalam rangka memperingati pidato Bung Karno 1 Juni 1945. Acara diawali dengan upacara di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, Rabu (1/6) yang diikuti oleh 100 orang kader bela negara dari semua unsur masyarakat yang terdiri dari Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Ormas, Pelajar, Mahasiswa, artis Ibu Kota serta LSM. Dalam sambutannya Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu yang dibacakan oleh Inspektur Upacara Irjen Kemhan Marsdya TNI. Ismono Wijayanto menegaskan bahwa acara Semarak Bela Negara Raturala merupakan acara yang bertujuan untuk menggelorakan nilai-nilai Pancasila.

Selain itu disampaikan, bahwa saat ini Masyarakat Indonesia harus belajar dari sejarah perjuangan bangsa yang mencatat, bahwa Republik Indonesia berdiri karena beberapa faktor, satu di antaranya, semangat bela negara. Pada pidato Bung Karno, 1 Juni 1945 yang menyebutkan dasar negara Indonesia kelak apabila merdeka adalah Pancasila. Pancasila saat ini telah menjadi Dasar Negara Kita yang keberadaanya dan pengamalannya mulai menurun. Untuk itu perlunya kita melakukan reaktualisasi, restorasi, atau revitalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Setelah Upacara Kontingen Kader Bela berangkat menuju Surabaya dengan pesawat Garuda Indonesia dan Citilink untuk mengadakan kegiatan seperti ceramah Bela Negara dan Pancasila kepada kurang lebih 1000 peserta sebagai berikut: di Pemprov Jawa Timur diikuti oleh 400 peserta dan Universitas Airlangga (Unair) 350 peserta dan di Armatim (KRI Makasar) diikuti oleh 250 peserta.

Selain mengadakan kegiatan ceramah, para kader juga akan membagikan kenang-kenangan berupa buku Pancasila, kain syal dan pin Bela Negara. Dalam kegiatan ini diikutkan 4 orang artis diantarnya adalah artis Regina yang mengatakan bahwa kegiatan ini untuk mengajak masyarakat khususnya para penumpang pesawat Garuda dan Citilink serta masyarakat umumnya mengenang kembali bahwa hari ini adalah hari pidato Bung Karno yang merupakan cikal bakal lahirnya Pancasila dasar negara kita. Kegiatan yang dilakukan di atas KRI Makassar di Armatim diikuti oleh Puluhan siswa SMP dan SMA untuk mendengarkan ceramah Bela Negara dan mengajak mereka menyuarakan tekad untuk Bela Negara. Para pelajar ini juga menyanyikan mars Bela Negara bersama-sama dan mengucapkan lima sila dari Pancasila. Kegiatan ini Kemhan bekerjasama dengan Mahkamah Konstitusi, Pemprov Jatim, Unair dan Armatim berjalan dengan tertib dan lancar dibantu oleh mitra Garuda Indonesia, Citilink, Angkasapura, BNI, Pertamina, PT. Telkom, PT. Telkomsel, MNC Group, CSI grup, Brigade Cakra 9 CSI dan Asabri.