Kemhan Dapat Penghargaan Atas Peningkatan Kinerja Pengelolaan Barang Milik Negara

Minggu, 9 Oktober 2016

6df1a4205c803a7da6d82e4573fffc4d

Jakarta, Kementerian Pertahanan mendapatkan penghargaan / apresiasi atas peningkatan kinerja pengelolaan Barang Milik Negara dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan.  Penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri Keuangan M. Chatib Basri kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Letjen TNI R. Ediwan Prabowo, Rabu (24/9)  pada acara Refleksi dan Apresiasi Pengelolaan Barang Milik Negara Pada Kementerian / Lembaga Tahun 2013 di Aula Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta.

Kementerian Pertahanan berhasil menjadi peringkat juara satu untuk kategori Pelaksanaan Sertifikasi Barang Milik Negara dalam kelompok III, Kementerian / Lembaga dengan jumlah Satuan Kerja lebih dari 100 unit. Sedangkan juara dua untuk kategori dan kelompok yang sama adalah  Kementerian Kehutanan dan peringkat juara tiga diraih oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada kegiatan Refleksi dan Apresiasi Pengelolaan Barang Milik Negara tahun ini, Kementerian Keuangan memberikan penghargaan kepada 34 Kementerian / Lembaga yang berprestasi dalam kinerja pengelolaan Barang Milik Negara yang terdiri dari dua kategori yaitu kategori tetap dan kategori pilihan. Kategori tetap meliputi Utilisasi Barang Milik Negara, Kepatuhan Pelaporan Barang Milik Negara. Sedangkan kategori pilihan terdiri dari Pelaksanaan Sertifikasi Barang Milik Negara, Continuous improvement awards, Peer Collaboration awards dan Banda Tadya Abiwada.

Acara apresiasi kinerja pengelolaan BMN ini melibatkan 86 Kementerian/Lembaga. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan membagi Kementerian/Lembaga dalam tiga kelompok berdasarkan jumlah satuan kerja yaitu Kelompok I, Kementerian/Lembaga dengan jumlah Satuan Kerja 1 sampai dengan 10 unit, Kelompok II, Kementerian/Lembaga dengan jumlah Satuan Kerja 11 sampai dengan 100 unit, Kelompok III, Kementerian/Lembaga dengan jumlah Satuan Kerja lebih dari 100 unit.

Menkeu dalam sambutannya mengatakan, apresiasi ini pantas diberikan mengingat kerja keras yang telah dilakukan oleh Kementerian / Lembaga  dalam pengelolaan Barang Milik Negara, khususnya sepanjang tahun 2013 lalu. Kompetisi seperti ini diharapkan akan semakin mendorong pengelolaan dan pemanfaatan Barang Milik Negara.

Menkeu lebih lanjut berharap, Kementerian / Lembaga  yang memperoleh penghargaan kali ini dapat menjadi teladan bagi Kementerian / Lembaga lain dalam hal pengelolaan BMN. “Saya ucapkan selamat pada para menteri dan pimpinan lembaga yang memperoleh apresiasi, semoga bisa menjadi contoh bagi Kementerian / Lembaga yang lain,” ucapnya




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia