UPACARA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE-90

Senin, 29 Oktober 2018

IMG_5469-EUpacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 dilaksanakan di Lapangan Upacara Gedung M. Yusuf Pusku Kemhan Jl. K.H. Wahid Hasyim No. 1 Jakarta Pusat pada hari Senin, tanggal 29 Oktober 2018. Bertindak selaku Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda tersebut Kapusku Kemhan Marsma TNI Danang Hadiwibowo, S.E.,M.M.

Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tahun berdasarkan peristiwa Kongres Pemuda II di Jakarta tahun 1928, dimana pada saat itu para pemuda dari berbagai daerah berkumpul dan bersatu untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Peristiwa ini melahirkan ikrar dari para pemuda lintas wilayah tersebut yaitu satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa.

Setiap tahun Hari Sumpah Pemuda selalu diperingati dan disemarakkan dengan berbagai kegiatan yang IMG_5461-Emenunjukkan semangat kepemudaan, mulai dari upacara bendera di instansi-instansi pemerintah maupun kegiatan kepemudaan diberbagai bidang seperti pendidikan, teknologi, pangan, agama dan social budaya serta sumber daya alam dan pariwisata. Untuk tahun 2018 ini tema yang diambil oleh Kemenpora adalah “Bangun Pemuda Satukan Indonesia” yang bermakna pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inonvatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia