BIMBINGAN TEKNIS PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BAGI UNIT AKUNTANSI UANG DAN UNIT AKUNTANSI BARANG KEMHAN DAN TNI 2018

Selasa, 11 Desember 2018

plmbg-1EPusat Keuangan Kementerian Pertahanan baru-baru ini menyelenggarakan Bimbingan Teknis Laporan Keuangan bagi Akuntansi Uang dan Akuntansi Barang Kemhan dan TNI TA. 2018 sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 71/2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) ke beberapa daerah di Indonesia seperti Makassar, Palembang, Medan, Denpasar, Pontianak, Jayapura, Balikpapan, Surabaya dan Aceh.

Adapun Kegiatan Bimbingan Teknis Laporan Keuangan Bagi Unit Akuntansi Uang dan Unit Akuntansi Barang TA. 2018, dimaksudkan agar Penyusunan Laporan Keuangan Kemhan dan TNI Unaudited TA. 2018 sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) secara Transparan dan Akuntabel, serta untuk menindaklanjuti hasil dari penyusunan Laporan Keuangan Kemhan dan TNI Semester I TA. 2018 dan juga sebagai salah satu upaya meningkatkan Opini BPK RI terhadap Laporan Keuangan Kemhan dari Wajar Dengan Pengecualian (WDP) menjadi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Sedangkan tujuan dari penyelenggaraan Bimbingan Teknis Laporan Keuangan bagi Unit Akuntansi Uang dan Unit Akuntansi Barang ini adalah untuk meminimalisir perbedaan Pendapatan, Realisasi Belanja, Pengembalian Belanja menurut SIAP dan SAI, memberikan pemahaman tentang administrasi penerimaan Hibah Uang, Barang, Jasa/Surat Berharga, Pendapatan Yanmasum, Pendapatan Dana Kapasitas, Pemanfaatan Aset dan Hubungan antara Aplikasi Persediaan, Simak BMN serta SAIBA dalam penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Akrual dan Rekonsiliasi Intern Satker antara SAIBA dan Simak BMN, serta mampu menyajikan Laporan Keuangan Berbasis Akrual Unaudited TA. 2018 yang berkualitas, Akuntabel dan Transparan.

bimtek3-e plmbg-2E




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia