MONITORING PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERBASIS AKRUAL TA. 2019

Selasa, 1 Oktober 2019

Penyusunan Laporan Keuangan merupakan bentuk pertanggung jawaban keuangan atas pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Kegiatan ini merupakan bagian dari siklus APBN ke-4 yaitu Pelaporan dan Pencatatan APBN yang dihasilkan melalui proses akuntansi dan disajikan sesuai Standard Akuntansi Pemerintah.

Pusat Pelaporan dan Pembinaan Keuangan Pertahanan (Puslapbinkuhan) Kemhan sebagai badan keuangan tingkat I Kemhan bertugas dibidang pembinaan dan administrasi keuangan serta pendayagunaan sumber dana pertahanan dengan menyelenggarakan fungsi perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis di bidang keuangan; pembinaan pelayanan administrasi keuangan; pelaksanaan rekonsiliasi laporan akuntansi keuangan dengan BMN serta penyiapan rumusan penyusunan laporan keuangan. Disisi lain berdasarkan PMK Nomor 222/PMK.05/2016 tanggal 30 Desember 2016, seluruh satuan kerja penerima DIPA berkewajiban untuk menyusun Laporan Keuangan (LK) Berbasis Akrual TA. 2019.

Dalam rangka melaksanakan fungsi pembinaan pelayanan administrasi keuangan, penyiapan rumusan dan penyusunan laporan keuangan tersebut maka telah dilaksanakan kegiatan monitoring penyusunan LK berbasis Akrual TA. 2019 di beberapa wilayah antara lain ke Ku Kotama II Surabaya. Tim yang dipimpin oleh Kolonel Adm Askar Junjunan, S.E.,M.M., tersebut mengadakan kunjungan ke Kuwil Koarmada II Surabaya dan diterima oleh Letkol Laut (S) Sahroni, S.E.,M.M., Kasubdis Garbia mewakili Kakuwil. Selanjutnya Tim juga berkunjung ke Lanud Muljono Surabaya dan diterima oleh Kolonel Pnd Budi Ramelan, Dan Lanud Muljono Surabaya.

Sedangkan untuk Tim B yang diketuai oleh Kolonel Cku Sugino, S.E.,M.Si., mendapatkan tugas untuk berkunjung ke Kudam IV/Dip Semarang. Di Kudam IV/Dip ini Tim diterima langsung oleh Kolonel Cku Arief Efendi, Kakudam IV/Dip.

Selanjutnya Tim C yang diketuai oleh Kolonel Adm Kososi Khoir, S.E., berkunjungan ke Kudam VI/Mlw Balikpapan. Dalam kunjungannya Tim disambut dan diterima langsung oleh Kakudam VI/Mlw Kolonel Cku B. Rudi H. Selanjutnya Tim juga berkunjung ke Lanud Dhomber dan diterima oleh Kolonel Pnb Hendrayansyah, S.Sos.

Untuk Tim D yang diketuai oleh Kolonel Adm Bambang Prasetyo Utomo, mendapat tugas berkunjung ke Kudam XIII/Merdeka dan Kuwil Lantamal VIII Manado. Di Kudam XIII/Merdeka Tim diterima langsung oleh Kakudam XIII/MDK, Kolonel Cku Wisnu, dan untuk kunjungan kerja ke Kuwil Lantamal VIII, Tim diterima oleh Kolonel Mar Edi Juari, Wadan Lantamal VIII/Manado.

                                   




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia