UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN TAHUN 2019

Selasa, 12 November 2019

Upacara Peringatan Hari Pahlawan tanggal tahun 2019 dilaksanakan di Lapangan Upacara Gedung M. Yusuf Puslapbinkuhan Kemhan Jl. K.H. Wahid Hasyim No. 1 Jakarta Pusat pada hari Senin, tanggal 11 November 2019. Upacara ini diikuti oleh seluruh personel Puslapbinkuhan Kemhan tidak terkecuali para pejabat eselon juga hadir mengikuti upacara. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Kapuslapbinkuhan Kemhan, Marsekal Pertama TNI Danang Hadiwibowo, S.E.,M.M.

Untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan maka sudah selayaknya kita memperingati Hari Pahlawan dengan berbagai agenda kegiatan, diantaranya melalui upacara bendera. Lebih dari itu, bahwa peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan kiranya tidak hanya bersifat seremonial semata, namun kita harus dapat mengambil makna yang terkandung didalamnya. Apabila setiap insan memiliki kesadaran dan kemauan untuk mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari, maka hal tersebut dapat menjadi salah satu modal untuk membangun bangsa. Saat ini medan juang bangsa Indonesia bukan lagi perjuangan fisik melawan penjajah, namun perjuangan membangun negeri ini agar maju, kokoh, kuat, dan disegani. Demikian disampaikan Menhan melalui sambutannya yang dibacakan Inspektur Upacara.

Tema nasional yang diangkat dalam peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 ini adalah “Aku Pahlawan Masa Kini”. Disampaikan Menhan bahwa melalui tema ini diharapkan dapat memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk berjuang membangun negeri sesuai kemampuan dan profesi masing-masing. Dengan menjadi pahlawan masa kini, maka setiap insan masyarakat Indonesia kiranya dapat menjaga keharmonisan berbangsa dan bernegara. Keharmonisan dalam bingkai NKRI dengan selalu mengutamakan kepentingan bangsa dan Negara diatas kepentingan pribadi dan golongan.

Marilah menjadi Pahlawan Masa Kini, dengan berlomba-lomba menunjukkan prestasi yang membanggakan serta dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara, yang implementasinya dapat dimulai dari diri sendiri, lingkungan keluarga dan lingkungan tempat tinggal di sekitar kita. Kiranya semangat Pahlawan selalu bersemayam dihati sanubari kita semua.

Hari Pahlawan tahun 2019 ini, diharapkan menjadi momentum dalam menumbuhkan kesadaran setiap komponen bangsa untuk lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia