UPACARA PERINGATAN HARI BELA NEGARA KE-71 DAN PERINGATAN HARI IBU (PHI) KE-91 TAHUN 2019

Senin, 23 Desember 2019

Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-71 tanggal 19 Desember 2019 dan Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-91 tahun 2018 dilaksanakan di lapangan apel Gedung M. Yusuf Puslapbinkuhan Kemhan Jl. K.H. Wahid Hasyim No. 1 Jakarta Pusat pada hari Kamis, 19 Desember 2019, yang diikuti oleh seluruh personel Puslapbinkuhan Kemhan.  Bertindak selaku Inspektur Upacara pada peringatan tersebut adalah Kabid APK Puslapbinkuhan Kemhan, Kolonel Cku (K) Widiatmi, S.E.,M.M.

Pada sambutan Sekjen Kemhan yang dibacakan Inspektur Upacara antara lain mengajak seluruh warga Kemhan untuk memaknai Bela Negara sebagai kewajiban setiap warga negara Indonesia. Lebih jauh Sekjen Kemhan menyampaikan bahwa Bela Negara merupakan sikap yang penting ditanamkan dalam membangun daya tangkal bangsa yang dapat diaktualisasikan oleh kita sesuai peran dan profesi masing-masing. Tantangan dan hambatan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini semakin kompleks. Perang tidak lagi dilakukan dengan cara mengirim tentara atau kekuatan militer, dan bukan menguasai ruang wilayah, akan tetapi menguasai ekonomi, budaya, politik, teknologi, termasuk menguasai aturan hukum dari sebuah negara. Dengan demikian garis pemisah antara perang dan damai semakin menipis, bahkan medan tempur tidak terdeteksi dengan jelas. Hal inilah yang semakin menyadarkan kita akan pentingnya Bela Negara. Peringatan Hari Bela Negara mengajak kita semua untuk terus membangun jati diri bangsa yang memiliki skill, knowledge dan attitude yang baik sebagai suatu karakteristik sumber daya manusia unggul.

Selanjutnya Sekjen Kemhan juga menyampaikan bahwa upacara yang diselenggarakan pada hari Bela Negara ini juga sebagai upacara Peringatan Hari Ibu (PHI). Hari Ibu lahir dari pergerakan perempuan Indonesia diawali dengan Kongres Perempuan Pertama yang diselenggarakan pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta. Kongres tersebut telah mengukuhkan semangat dan tekad bersama yang menjadi salah satu gerakan pendorong kemerdekaan Indonesia.

Peringatan Hari Ibu (PHI) pada hakekatnya mengingatkan seluruh rakyat Indonesia terutama generasi muda akan arti dan makna Hari Ibu sebagai momentum kebangkitan bangsa. Tema nasional Peringatan Hari Ibu ke-91 Tahun 2019 ini adalah “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”. Tema ini mengajak kita sekalian khususnya kaum perempuan untuk menjadi perempuan yang berdaya, memiliki daya ungkit yang besar dalam meningkatkan kualitas hidup perempuan sehingga terwujud SDM yang berkualitas dan berdaya saing menuju Indonesia maju.

                           




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia