RAPAT REKONSILIASI LAPORAN REALISASI ANGGARAN ESELON I DAN WILAYAH TAHUNAN KEMHAN DAN TNI TA. 2019

Kamis, 13 Februari 2020

Rabu (12/2), Kapuslapbinkuhan Kemhan, Marsma TNI Danang Hadiwibowo, S.E.,M.M., membuka Rapat Rekonsiliasi Laporan Realisasi Anggaran Eselon I dan Wilayah Tahunan Kemhan dan TNI TA. 2019. Rapat yang diselenggarakan di Ballroom Discovery 1, Hotel Discovery Ancol, Jakarta tersebut, direncanakan akan berlangsung selama 3 (tiga) hari dengan agenda yang berbeda.

Hari pertama yaitu Rekonsiliasi LRA Eselon I dan Wilayah Tahunan Kemhan dan TNI TA. 2019, kemudian pada hari kedua akan dilanjutkan dengan Rekonsiliasi Terpadu Tahunan TA. 2019 dan ditutup dengan Rapat Penyusunan Laporan Keuangan Kemhan dan TNI Unaudited TA. 2019 pada hari ketiga.

Rapat dihadiri oleh sejumlah pejabat perencanaan, logistik dan keuangan dari Unit Organisasi Kemhan dan TNI, para Kaku Kotama dan Wilayah serta Tim Kementerian Keuangan RI. Hadir sebagai nara sumber dari Kementerian Keuangan adalah Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan DJPB Kemkeu, Ibu R. Wiwin Istanti, S.E.,Ak.M.Laws, serta Direktur Barang Milik Negara DJKN Kemkeu Bapak Encep Sudarwan, S.E.,M.A.

Pada sambutannya Kapuslapbinkuhan menyampaikan bahwa masih ditemukan beberapa permasalahan berdasarkan monitoring data aplikasi E-Rekon seperti: Saldo Tidak Normal, adanya Selisih TK / TM, terdapat Persediaan/Aset Tetap yang belum diregister, terdapat Pagu Minus, serta masih adanya penerimaan Hibah Langsung yang belum disahkan.

Kapuslapbinkuhan juga berharap dengan hadirnya Tim dari Kementerian Keuangan dapat memberikan pendampingan dan membantu mencari solusi penyelesaian terhadap permasalahan-permasalahan yang timbul baik dari hasil E-Rekon maupun permasalahan lainnya dalam laporan keuangan terutama dengan sudah diterbitkannya kebijakan akuntansi dalam penyusunan Laporan Keuangan BLU dan kebijakan akuntansi terkait pengadaan barang dan jasa melalui mekanisme Foreign Military Sales (FMS). Kapuslapbinkuhan juga meminta kepada seluruh peserta rapat untuk dapat memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya dalam penyusunan Laporan Keuangan sehingga Opini BPK terhadap Laporan Keuangan Kemhan TA. 2019 dapat dipertahankan.

Diakhir sambutannya, Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim Kementerian Keuangan yang telah memberikan pendampingan dalam proses penyusunan Laporan Keuangan demi terwujudnya Laporan Keuangan Kemhan yang berkualitas.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia