Puslaik Baranahan Kemhan Selenggarakan Sertifikasi Inspektor Kelaikan Darat Militer

Wednesday, 28 March 2018

IMG-20170904-WA0008Bandung – Kementerian Pertahanan melalui Pusat Kelaikan Badan Sarana Pertahanan (Puslaik Baranahan) Kemhan menyelenggarakan kegiatan Sertifikasi Inspektor Kelaikan Darat Militer dari tanggal 4 – 15 September 2017. Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Baranahan Kemhan Brigjen TNI Zainal Arifin yang dalam kesempatan tersebut mewakili Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Baranahan Kemhan Mayjen TNI Eros Padupai, Senin (4/9), di Bandung.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mencapai kesamaan persepsi tentang bagaimana proses sertifikasi kelaikan yang benar, yang dilaksanakan sesuai prosedur, peraturan dan standar kelaikan serta dilakukan oleh personel inspektor kelaikan darat militer yang handal dan profesional.

“Untuk mencapai kondisi personel yang profesional dalam melaksanakan kegiatan sertifikasi kelaikan, maka perlu adanya pembekalan yang memadai kepada personel yang akan menjadi unsur pelaksana atau inspektor kelaikan”, ungkap Plt Kepala Baranahan Kemhan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kapuslaik Baranahan Kemhan.

Lebih lanjut Plt Kepala Baranahan Kemhan mengatakan bahwa proses sertifikasi kelaikan komoditi militer dapat dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai prosedur dan regulasi serta standar yang ditentukan apabila proses tersebut ditangani oleh personel yang profesional di bidang kelaikan sehingga mampu menilai kondisi kelaikan komoditi militer yang akan dioperasionalkan atau digunakan.

Untuk itu, Kemhan dalam hal ini Puslaik Baranahan Kemhan menyelenggarakan program sertifikasi inspektor kelaikan darat militer untuk memberikan bekal pengetahuan kelaikan. Namun dengan waktu pelaksanaan pembekalan yang relatif singkat ini, maka para peserta sertifikasi lebih lanjut diharapkan dapat mengembangkan diri melalui pembelajaran baik teori maupun pengalaman di lapangan untuk lebih memahami dan mengerti secara detail tentang tata cara pelaksanaan sertifikasi kelaikan. (BDI)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia