Upacara Pembukaan Peningkatan Keahlian Inspektur Kelaikan Darat Militer Tingkat 1 Kemhan TA. 2020

Monday, 3 August 2020

Kepala Pusat Kelaikan Kemhan Laksma TNI Teguh Sugiono, S.E., M.M. membuka Peningkatan Keahlihan Inspektur Kelaikan Darat Militer Tingkat I Kemhan T.A 2020 di Ruang Rapat Puslaik Kemhan Gd. A.H. Nasution Lt 10 Puslaik Kemhan, Jl.Medan Merdeka Barat No. 13-14 Jakarta Pusat, Senin (3/8/2020).

Dalam amanatnya Kapuslaik Kemhan menyampaikan bahwa Tahun 2020 merupakan Tahun Kedua Independensi Pusat Kelaikan sebagai Satker Mandiri yang langsung berada di bawah Menteri Pertahanan, sesuai amanat Permenhan No 14 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pertahanan.

Program Peningkatan Keahlian Inspektur Kelaikan Darat Militer Kemhan adalah salah satu upaya peningkatan SDM Bidang Kelaikan Darat, yang bertujuan untuk memberikan pembekalan pengetahuan, prosedur, serta kriteria Standar Kelaikan Darat Militer guna membentuk seorang Inspektur Kelaikan Darat Militer yang dapat melaksanakan tugas Sertifikasi Kelaikan dengan baik dan benar, dapat menegakkan prinsip-prinsip Kelaikan Darat Militer dalam menentukan status Laik serta memberikan jaminan keselamatan kepada pengguna komoditi Militer Wahana Darat, jelas Kapuslaik Kemhan.

“Kita harus yakin dan percaya bahwa proses Sertifikasi Kelaikan Militer dapat dilaksanakan secara baik dan benar, sesuai Prosedur, Standard dan Regulasi, apabila proses tersebut ditangani personel yang Professional dibidang Kelaikan, apalagi salah satu arah kebijakan Negara saat ini adalah peningkatan Sumber Daya Manusia sesuai slogan “SDM Unggul Indonesia Maju”, tegas Laksma TNI Teguh Sugiono, S.E., M.M.

Kapuslaik juga menyampaikan dengan kondisi pademi Covid-19 saat ini yang masih berlangsung, program peningkatan keahlian Inspektur yang Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar biasanya dilakukan didalam kelas, untuk saat ini dilaksanakan secara daring/online.

Peningkatan Keahlian Inspektur Kelaikan Darat Militer TA 2020 diselenggarakan selama dua minggu diikuti oleh 25 peserta, dan akan ditutup pada hari Jum’at, tanggal 14 Agustus 2020. Materi kegiatan yang diberikan adalah teori dan praktek di lapangan yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas-tugas uji kelaikan. Hari pertama penataran diisi oleh tenaga pengajar dari Pusat Kelaikan Kemhan RI yaitu Kepala Bidang Kelaikan Darat (Kabidlaik darat Puslaik Kemhan Kolonel Cpl Dadang Hidayat S. Sos., M.M. tentang materi kebijakan penyelenggaraan Kelaikan Darat Militer Indonesia, terutama penyelenggaraan Sertifikasi Kelaikan Komoditi Militer (IMLA Procedure).

Hadir dalam acara pembukaan penataran Inspektur Kelaikan Darat Militer diantaranya Kabag TU, Kabidlaik Laut, dan Kabidlaik Udara, serta Inspektur Madya Puslaik Kemhan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia