Familiarization Briefing (Fambrief) Sertifikasi Kelaikan Militer Radar Pasif dan Pendukungnya

Friday, 25 September 2020

Fambrief dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 24 September 2020 dengan media online (Telkomsel Cloud-X), dipimpin oleh Kapuslaik Kemhan Laksma TNI Teguh Sugiono, S.E., M.M. Fambrief dihadiri oleh Kabag TU Puslaik, Kolonel Tek Arif Andrijanto selaku Kabid Laik Udara (Ketua Tim IMAA) dan Staff serta Tim PT. Wahana Sarana Baladika sebagai Refresentatif ERA Ceko di Indonesia. Fambrief membahas tentang proses Sertifikasi Kelaikan Militer Radar Pasif dan Pendukungnya, dilaksanakan dengan memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19.

Kapuslaik Kemhan menekankan bahwa kriteria kelaikan suatu produk Milter yang akan digunakan oleh user haruslah Conform to Design/kontrak, Conform to Regulation, dan Safety for Operation, ketiga kriteria tersebut bersifat mandatory.

Berdasarkan kontak dan regulasi kelaikan terdapat 2 (dua) output proses sertifikasi Radar Pasif dan Pendukungnya yaitu terbitnya Sertifikat Validasi Desain Approval (Design Approval Validation Certificate) dan Sertifikat Kelaikan Militer (Certificate of Worthiness).

Sesuai kontrak Radar Pasif akan ditempat di Natuna dan Saumlaki, proses sertifikasi Radar Pasif dan Pendukungnya direncanakan akan dilaksanakan pada Bulan Oktober 2020, setelah pelaksanaan Validasi Desain Approval dilaksanakan oleh Tim Pelaksana Teknis Sertifikasi Kelaikan Udara Militer Kemhan (IMAA) dan dinyatakan telah memenuhi ketentuan yang berlaku.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia