Koordinasi Pelaksanaan Sertifikasi Kelaikan Militer Senjata AR-15 10.5 Excalibur

Thursday, 1 October 2020

Kapuslaik Kemhan Laksma TNI Teguh Sugiono, S.E., M.M. juga dihadiri oleh Kabag TU Puslaik, Kabid Laik Darat Kolonel Cpl Dadang Hidayat, S.Sos,. M.M. dan Staff, Kabid Matra Darat Pusalpalhan Baranahan Kemhan melaksanakan Vicon (Video Confference) menggunakan aplikasi Cloud-X Telkomsel secara Daring dengan  Direktur PT.Srikandi Indonesia Gemilang Bapak Obaja Dwiyanto Wibowo serta Staff Teknik, pada Hari Selasa, Tanggal 29 September 2020 bertempat di ruang Rapat Puslaik Kemhan Lt. 10 Gedung A.H Nasution, membahas tentang Rapat Koordinasi Pelaksanaan Sertifikasi Kelaikan Militer Senjata AR-15 10.5 Excalibur, pelaksanaan rapat dilaksanakan dengan memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19.

Pada kesempatan ini Kapuslaik Kemhan menekankan bahwa kriteria kelaikan suatu produk Milter haruslah Conform to Design/kontrak, Conform to Regulation, dan Safety for Operation, ketiga kriteria tersebut bersifat mandatory. Sesuai Permenhan Nomor 33 Tahun 2014 kegiatan sertifikasi kelaikan Senjata AR-15 10.5 Excalibur akan dilaksanakan dalam 3 (tiga) tahap kegiatan yaitu: Kegiatan Verifikasi Dokumen, Pemeriksaaan Kesesuaian dan Pengujian Unjuk Kerja Senjata AR-15, 10.5 Excalibur dengan Aksesorisnya.

Sesuai kontrak Senjata AR-15, 10.5 Excalibur dengan Aksesorisnya akan ditempatkan di satuan yang berada dibawah Pussenif dalam mendukung Tugas Pokok TNI-AD, dalam rapat tersebut diputuskan  bahwa kegiatan sertifikasi kelaikan akan dilaksanakan oleh Tim Pelaksana Teknis Sertifikasi Kelaikan Darat Militer Kemhan (IMLA). Kegiatan direncanakan Minggu ketiga dibulan Oktober 2020 di PT. Srikandi Indonesia Gemilang dan Labaratorium Dislitbangad, Dalam Pengujian Unjuk Kerja disepakati bahwa salah satu pucuk Senjata AR-15, 10.5 Excalibur dengan Aksesorisnya terjadi malfungsi maka seluruh materiil belum dapat diterima, selanjutnya akan dilakukan pengujian ulang.

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia