Fambrief Proses Sertifikasi Kelaikan Fasilitas Perawatan PT.Avtek Transutama

Sunday, 4 October 2020

Produk aeronautika militer merupakan bagian dari komoditi udara militer pembentuk Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) yang dipergunakan dalam rangka pertahanan negara. Untuk menjamin keselamatan operasional yang tinggi, Fasilitas Pemeliharaan tersebut harus sesuai dengan persyaratan rancang bangun, persyaratan proses perawatan, memenuhi persyaratan dan kriteria kelaikan serta regulasi yang berlaku sehingga aman bagi operator, komoditi militer itu sendiri dan lingkungan sesuai dengan fungsi azasinya. Oleh karena itu, produk perawatan aeronautika militer haruslah dihasilkan oleh sebuah fasilitas perawatan atau pabrikan (manufacturer) yang telah mendapatkan pengesahan perawatan organisasi (approved Maintenance Organization) atas kemampuannya untuk memproduksi produk dimaksud berdasarkan hasil verifikasi yang telah dilakukan.

Pengakuan atas kemampuan sebuah fasilitas perawatan merupakan bentuk jaminan kualitas, keselamatan, dan kelaikan atas produk perawatan yang dihasilkan untuk dapat digunakan oleh pengguna (user) untuk mendukung pertahanan negara. Oleh karenanya, untuk dapat memberikan rekomendasi pengesahan atas kemampuan produksi perawatan suatu produk aeronautika militer, kegiatan sertifikasi kelaikan terhadap sebuah fasilitas perawatan mutlak dilaksanakan secara profesional dengan memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta regulasi kelaikan udara yang berlaku secara universal. Penyelenggaraan sertifikasi kelaikan fasilitas produksi produk perawatan aeronautika militer menitik beratkan pada sistem kendali mutu (Quality Management System/QMS) yang terakreditasi termasuk pengorganisasiannya, bangunan dan fasilitas kerja (housing and facilities) termasuk peralatan (tools dan special tools), sumber daya manusia (human resource), dan dukungan referensi kerja (manuals) serta proses pengujian (functional test/flight test) yang bertempat di fasilitas produksi atau peninjauan subkontraktor (supplier).

Untuk memenuhi kondisi tersebut, telah dilaksanakan Fambrief dengan PT.Avtek Transutama pada hari Jumat, tanggal 2 Oktober 2020 dengan media online (Telkomsel Cloud-X), dipimpin oleh Kabidlaik Udara Kemhan Kolonel Tek Arif Andrijanto. Fambrief dihadiri oleh Kabag TU Puslaik, Staff Kelaikan Udara serta Tim PT.Avtek Transutama. Fambrief membahas tentang proses Sertifikasi Kelaikan Fasilitas Perawatan PT.Avtek Transutama.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia