Pelaksanaan Sertifikasi Kelaikan Rantis Komodo Dalam Rangka Uji Statis dan Uji Dinamis

Monday, 9 November 2020

Dari tanggal 2 November s/d 6 November 2020 telah dilaksanakan kegiatan Sertifikasi Kelaikan Militer Rantis (Kendaraan Taktis) Komodo penyedia PT. Pindad dalam rangka Uji Statis dan Uji Dinamis. Hadir dalam pelaksanaan kegiatan PT. Pindad dan Tim Kelaikan IMLA (Indonesian Military Landworthiness)  Puslaik Kemhan. Uji Statis dilaksanakan terhadap 5 kendaran Komodo dan Uji Dinamis dilaksanakan dengan metode sampling terhadap 2 kendaraan Komodo.

Uji statis dilaksanakan terhadap 5 kendaraan Komodo di halaman gedung seratus PT. Pindad dan uji dinamis dilaksanakan selama 5 hari dengan rute perjalanan dari PT. Pindad (Bandung)-Subang-Sarangan-Kebumen-Ambal-Ciwidey-Batujajar – PT. Pindad (Bandung), dalam pelaksanaan kegiatan berjalan dengan lancar dan selalu mematuhi Protocol Kesehatan Covid 19.

Pelaksanaan uji dinamis meliputi materi uji Percepatan dari 40 km/jam s.d. 60 km/jam, Perlambatan dari 60 km/jam s.d. 40 km/jam, Kecepatan aman sampai dengan 80 km/jam, Uji Radio dan uji handheld, Uji daya tanjak 15% – 30%, Uji daya tanjak 30% – 60%, Uji lampu tempur dan BO (black out), Uji Offroad melewati lintasan (berlumpur, berpasir, berbatu, tanjakan, turunan, serta lintas datar), Uji statis dan dinamis RCWS senjata 7,62 mm serta integrasi antara BMS dan RCWS, Uji shoot detection. Dalam pelaksanaan uji baik statis maupun dinamis dengan hasil tidak terjadi malfungsi dan sesuai dengan spesifikasi teknis dalam kontrak.

Kendaraan taktis Komodo dengan penyedia PT. Pindad sebanyak 5 unit akan digunakan oleh Pussenif Kodiklatad. Rangkaian kegiatan sertifikasi kelaikan kendaraan Komodo diakhiri dengan rapat pembuatan notulen yang bertempat di PT. Pindad (Bandung) dengan memberikan saran, masukan dan evaluasi dari Tim Kelaikan kepada PT. Pindad.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia