IMLA Sertifikasi Kelaikan Rantis ILSV J-FORCES 2400 cc dan ILSV J-FORCES ARMORED 2400 cc KOPASKA

Monday, 23 November 2020

Pada tanggal 16 November sampai dengan 17 November 2020 IMLA (Indonesian Military Landworthiness Authority) Puslaik Kemhan melaksanakan kegiatan Sertifikasi Kelaikan Rantis ILSV J – FORCES 2400 cc dan ILSV J – FORCES ARMORED 2400 cc KOPASKA penyedia PT. Jala Berikat Nusantara Perkasa dalam rangka Uji Statis dan Uji Dinamis. Hadir dalam pelaksanaan kegiatan PT. Jala Berikat Nusantara Perkasa dan Tim Kelaikan. Uji statis dilaksanakan terhadap TRAK/92/RM/VI/2020/AL sebanyak 3 unit kendaran Softtop dan TRAK/93/RM/VI/2020/AL sebanyak 3 unit kendaran Hardtop dan Uji Dinamis dilaksanakan dengan metode sampling terhadap 1 kendaraan ILSV J – FORCES 2400 cc KOPASKA dan 1 kendaraan ILSV J – FORCES ARMORED 2400 cc KOPASKA.

Uji Statis dilaksanakan di Fasilitas Produksi PT. Jala Berikat Nusantara Perkasa dan Uji Dinamis dilaksanakan selama 1 hari dengan rute perjalanan dari PT. Jala Berikat Nusantara Perkasa (Jakarta Utara) – Tol Andara – Sentul City – Gunung Kapur Bogor, dalam pelaksanaan kegiatan berjalan dengan lancar dan selalu mematuhi Protocol Kesehatan Covid 19.

Pelaksanaan Uji Dinamis meliputi materi uji Percepatan dari 40 km/jam s.d. 60 km/jam, Perlambatan dari 60 km/jam s.d. 40 km/jam, Kecepatan aman sampai dengan 90 km/jam, Uji daya tanjak 45% – 60%, Uji offroad melewati lintasan (berlumpur, berpasir, berbatu, tanjakan, turunan, serta lintas datar), Uji melintasi rintangan balok sejajar. Dalam pelaksanaan uji baik statis maupun dinamis dengan hasil tidak terjadi malfungsi dan sesuai dengan Spesifikasi Teknis dalam kontrak. Kendaraan taktis ILSV J – FORCES 2400 cc KOPASKA dan ILSV J – FORCES ARMORED 2400 cc KOPASKA dengan penyedia PT. Jala Berikat Nusantara Perkasa sebanyak 6 unit akan digunakan oleh KOPASKA Koarmada 1, 2 dan 3. Rangkaian kegiatan Sertifikasi kelaikan diakhiri dengan rapat evaluasi kegiatan yang bertempat di Gunung Kapur Bogor dengan memberikan saran, masukan dan evaluasi dari Tim IMLA kepada PT. Jala Berikat Nusantara Perkasa.

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia