PENYERAHAN SERTIFIKAT DESAIN PAYUNG UDARA ORANG (PUO) GARUDA 1-P DAN SERTIFIKAT PRODUKSI PUO CV. MAJU MAPAN DI TULUNGAGUNG – JAWA TIMUR.

Friday, 4 December 2020

Kepala Pusat Kelaikan (Kapuslaik) Kementerian Pertahanan Laksma TNI Teguh Sugiono, S.E., M.M bersama ketua IMAA (Indonesian Military Airworthiness Authority) dan beberapa Inspektur IMAA menyerahkan Sertifikat Desain PUO Garuda 1-P rancangan CV. Maju Mapan dan Sertifikat Fasilitas Produksi PUO di Fasilitas CV. Maju Mapan, Ngunut – Tulungagung Jawa Timur tanggal 27 November 2020. Tim Pusat Kelaikan Kemhan RI di terima Direktur Utama CV. Maju Mapan, Ibu Ninik Mudjiati dan jajaran.

CV. Maju Mapan telah memproduksi sekitar 7000 PUO Garuda 1-P sejak tahun 2008 untuk keperluan TNI (AD, AL dan AU). Desain Garuda 1-P pada dasarnya adalah desain basic MC1-1C yang telah digunakan US Army sejak 1960-an, dengan beberapa minor changes seperti penambahan jumlah lubang kemudi (orifice) dan panjang tali parasut (suspension line) sehingga tidak signifikan merubah performance basic US Army MC1-1C.

Sertifikat Produksi atau Production Ceritificate (PC) sendiri adalah ketentuan regulasi kelaikan yang diharuskan dalam rangka produksi massal, dan saat ini di Indonesia, selain CV. Maju Mapan, hanya PT. Langit Biru Parasut (LBP) yang mampu memproduksi Payung Udara. Fasilitas dan SDM Maju Mapan telah dapat memproduksi Garuda 1-P sesuai ketentuan Puslaik Kemhan, termasuk beberapa material pambuat payung seperti Webbing, tali dan kain diproduksi sendiri oleh CV. Maju Mapan.

Dalam sambutannya Kapuslaik mengucapkan selamat kepada Maju Mapan dan berharap kepercayaan Puslaik berupa Sertifikat yang diberikan kedepan dapat bermanfaat demi kemajuan CV. Maju Mapan sebagai Industri dalam mendukung Pertahanan Negara, dan semoga dapat mengembangkan PUO ini bukan hanya untuk kepentingan Dalam Negeri juga kepentingan Luar Negeri. Kepala Pusat Kelaikan Kemhan RI juga berkesempatan mengunjungi fasilitas produksi produksi CV. Maju Mapan.
(Sumber: Inspektur Kelaikan Madya Moda Udara, November 2020).




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia