Penyerahan Sertifikat Kelaikan Fasilitas Pemeliharaan Militer Kepada PT. AVTEK Tangerang

Monday, 23 November 2020

Kepala Pusat Kelaikan (Kapuslaik) Kementerian Pertahanan Laksamana Pertama TNI Teguh Sugiono, S.E., M.M, bersama ketua IMAA dan beberapa Inspektur IMAA menyerahkan Certificate of Approval Military Aircraft Repair Station kepada PT. Avtek Transutama yang diterima langsung Dirut PT. Avtek Transutama Bapak Haryadi Halim, tanggal 23 November 2020 di Fasilitas PT. AVTEK Tangerang. Proses sertifikasi fasilitas sudah dilaksanakan sejak Oktober 2020, dan disetujui Puslaik Kemhan sejak November 2020 sebagai pemilik AMO Militer yang ke-5 dari Indonesian Military Airworthiness Authority (IMAA) Puslaik Kemhan.

Dalam sambutannya Kapuslaik menyampaikan tugas Puslaik Kemhan sebagai penjamin kelaikan produk dan fasilitas militer untuk mendukung pertahanan negara. Sementara Dirut PT. Avtek menyampaikan sejarah pendirian perusahaan yang dirintis tahun 1989 yang awalnya fokus pada pemeliharaan avionic dan instrument pesawat, dan saat ini telah berskala global dengan tambahan kemampuan perbaikan dan overhaul pada berbagai jenis propeller dengan approval dari otoritas Kelaikan Sipil (DGCA) maupun pengakuan dari OEM/AMC seperti McCauley, Hamilton Sunstrand, Hartzell, dan Dowty yang digunakan antara lain pada pesawat NC212, CN-235/295, G-120 Grob.

Menutup sambutannya, Kapuslaik menekankan posisi strategis PT. Avtek sebagai industri swasta pendamping industri milik negara, dan sangat berharap sinergi Puslaik khususnya IMAA dengan PT. Avtek untuk mensosialisasikan regulasi kelaikan militer Kemhan di Indonesia sesuai Juklak Nomor 30 Tahun 2009 tentang Kelaikan Fasilitas Pemeliharaan Militer (Sumber: Inspektur IMAA, November 2020)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia