UPACARA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE-91 TAHUN 2019

Rabu, 30 Oktober 2019

Senin (28/10), diselenggarakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 di lingkungan Puslapbinkuhan Kemhan, jl. K.H. Wahid Hasyim No. 1 Jakarta Pusat. Upacara diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan Puslapbinkuhan. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Kapuslapbinkuhan Kemhan Marsekal Pertama TNI Danang Hadiwibowo, S.E.,M.M.

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-91 tahun 2019 ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda, bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini ibarat dua mata pisau, satu sisi ia memberikan jaminan kecapatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam mengembangkan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara. Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional. Demikian disampaikan Menpora melalui sambutannya yang dibacakan oleh inspektur upacara.

Lebih jauh Menpora menyampaikan kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

Akhirnya Menpora menyampaikan “Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-91”, semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati para pemuda, jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan kita.

                                  




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia