PENYERAHAN PIAGAM PENGHARGAAN DAN REKONSILIASI BLU, PNBP SERTA HIBAH UANG DAN BARANG KEMHAN DAN TNI SEMESTER I TA. 2022

Selasa, 26 Juli 2022

Dirjen Strahan Kemhan, Mayjen TNI Dr. rer.pol. Rodon Pedrason, M.A., pada Senin (25/7) mewakili Sekjen Kemhan, membuka acara penyerahan piagam penghargaan dan Rekonsiliasi BLU, PNBP serta Hibah Uang dan Barang Kemhan dan TNI semester I TA. 2022 di ruang rapat Puslapbinkuhan Kemhan, gedung A.H. Nasution Lt. 16, Kemhan, Jakarta.

Hadir pada kesempatan tersebut para pejabat eselon I, II, III dan IV di lingkungan Kemhan dan TNI, para pejabat dari Kementerian Keuangan dan Kementerian Kesehatan, para pejabat dari bank BRI, bank BNI, bank Mandiri dan peserta yang mengikuti acara melalui zoom meeting.

Melalui sambutannya yang dibacakan oleh Dirjen Strahan Kemhan, Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan T., M.D.S., mewakili segenap pimpinan Kemhan dan TNI menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang telah bekerja keras dan menunjukkan loyalitas serta dedikasi yang tinggi sehingga Laporan Keuangan dapat tersusun secara memadai berikut dengan upaya kendala dan permasalahan dapat diminimalisir yang menghasilkan Laporan Keuangan Kemhan TA. 2021 mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Semoga jerih payah yang telah diberikan mendapat balasan terbaik dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Menghadapi tantangan dan tuntutan tugas pengelolaan keuangan negara yang semakin kompleks ke depan, Beliau mengharapkan seluruh pejabat sampai dengan operator aplikasi pelaporan keuangan dapat lebih proaktif untuk menggali ilmu pengetahuan dan informasi yang terkait dengan regulasi, kebijakan akuntansi dan aplikasi SAKTI sehingga dapat mengelolanya secara profesional, efektif, efisien, dan akuntabel dalam rangka mewujudkan pemerintah yang baik (Good Governance).

Selain itu, Beliau juga mengajak seluruh jajaran untuk selalu mengikuti aturan dan ketentuan yang berlaku serta memberi masukan yang konstruktif kepada pimpinan masing-masing agar program dan kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Dan kepada pimpinan Satuan agar memberikan dukungan moril maupun materil kepada anggota terutama para pengawak/operator yang sudah bekerja keras, termasuk didalamnya data input guna menghasilkan Laporan Keuangan Kemhan yang memadai dan akuntabel. Dan tak kalah pentingnya untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan pihak Kemenkeu maupun instansi terkait lainnya di luar Kemhan juga dengan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) di UO masing-masing.

Selanjutnya Beliau berpesan untuk terus meningkatkan kualitas SDM khususnya pengawak aplikasi SAKTI, sarana dan prasarana pendukung yang optimal serta regulasi yang memadai. Pimpinan Kemhan sangat mendukung kerja dari anggota ke depan dengan penggunaan aplikasi SAKTI, dan berharap Laporan Keuangan Kemhan akan lebih baik lagi di tahun depan dan WTP tetap dapat dipertahankan.

Tak lupa Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Irjen dan staf yang telah melaksanakan pengawasan dan pendampingan dalam penyusunan Laporan Keuangan. Ucapan terima kasih juga Beliau sampaikan kepada pejabat dan staf dari Kementerian Keuangan yang selama ini telah membantu, membimbing dan mendampingi penyusunan Laporan Keuangan Kemhan, juga kepada Kementerian Kesehatan yang telah mendukung kelancaran dalam penanganan Covid-19 di lingkungan Kemhan dan TNI, serta ucapan terima kasih kepada perbankan (BRI, BNI dan Mandiri) yang telah bekerja sama dengan baik dalam mendukung kegiatan-kegiatan di Kemhan dan TNI.

Disamping Sekjen Kemhan, Kapuslapbinkuhan Kemhan, Brigjen TNI Amad Sugiyono, S.E.,M.M., juga memberikan sambutan pada acara tersebut di atas. Diawal sambutan beliau menyapa seluruh peserta yang hadir baik secara online maupun offline dengan ucapan terimakasih. Selanjutnya Beliau menyampaikan bahwa rapat rekonsiliasi yang diselenggarakan kali ini adalah merupakan rapat koordinasi pengelolaan BLU, PNBP dan Hibah Uang dan Barang di satuan jajaran Kemhan dan TNI dalam rangka mendapatkan kesesuaian data laporan keuangan yang akurat dan akuntabel dalam rangka penyusunan Laporan Keuangan Kemhan dan TNI Semester I TA. 2022. Lebih jauh Beliau menyampaikan bahwa pembentukan Badan Layanan Umum (BLU) merupakan suatu terobosan dalam pengelolaan keuangan sejak ditetapkannya peraturan pemerintah nomor 23 tahun 2005. Lebih jauh Beliau menyampaika bahwa penyusunan Laporan Keuangan Semester I TA. 2022 ini sangat membutuhkan data BLU, PNBP dan Hibah Uang dan Barang yang akurat dan akuntabel.

Diakhir sambutan Kapuslapbinkuhan memberikan beberapa penekanan antara lain: untuk mengoptimalkan rekonsiliasi internal dan telaah LK BLU untuk memberikan tools bagi penyusun LK BLU, tingkatkan kualitas pengelolaan PNBP dan Hibah, ikuti aturan yang telah ditetapkan, tingkatkan kerjasama, koordinasi dan komunikasi antar satuan baik internal maupun eksternal dan tetap semangat dan terus tingkatkan kualitas SDM khususnya personel pada entitas akuntansi dan pelaporan dalam menghadapi perkembangan aplikasi dan dinamika penyusunan laporan keuangan yang semakin kompleks.

   

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia