REKONSILIASI TERPADU (REN, BMN, KEU) DAN SUN LK TW.III TA. 2023

Selasa, 24 Oktober 2023

Kapuslapbinkuhan Kemhan, Brigjen TNI Amad Sugiyono, S.E.,M.M., membuka Rapat Rekonsiliasi Terpadu (Ren, BMN, Keu) dan Penyusunan Laporan Keuangan Kemhan Triwulan III TA. 2023, Selasa (17/10), di Rupat Puslapbinkuhan, Gd. A.H. Nasution Lt. 16 Kemhan,

Hadir pada kesempatan tersebut para Auditor Itjen Kemhan dan TNI, Kabag, Kabid dan pejabat eselon III dan IV di jajaran Kemhan dan TNI, para pejabat perencanaan, pejabat BMN Unit Organisasi serta beberapa pejabat dan Staf Kemkeu.

Rapat rekonsiliasi terpadu dan penyusunan Laporan Keuangan ini dilaksanakan dalam rangka memperoleh kesesuaian data perencanaan, data realisasi anggaran dan data pencatatan barang milik negara yang tepat, akurat dan akuntabel serta meningkatkan kualitas laporan keuangan dan meminimalisasi kemungkinan resiko agar laporan keuangan Kemhan Triwulan III TA. 2023 dapat disusun secara memadai. Untuk itu Kapuslapbinkuhan menekankan beberapa hal yang perlu dilakukan Satker antara lain: memanfaatkan menu to do list, monitoring dan daftar/rincian pada aplikasi monsakti; segera melakukan revisi DIPA sesuai ketentuan; telah melakukan rekonsiliasi serta memperoleh SHR; melakukan tutup buku seluruh modul pelaporan SAKTI secara tertib; melakukan telaah LK; mengimplementasikan pengenalian intern atas pelaporan keuangan (PIPK); menindaklanjuti rekomendasi atas hasil pemeriksaan BPK; mengoptimalkan peran aparat pengawasan intern pemerintah (APIP) dan mematuhi batas waktu penyampaian LK Triwulan III TA. 2023.

Diakhir sambutannya Beliau menyampaikan harapannya kepada pembina dari Kemkeu untuk dapat memberikan bimbingan, arahan dan penyelesaian terhadap permasalahan-permasalahan yang timbul dan kepada para peserta agar dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk saling memberikan informasi dan berkoordinasi untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.

  




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia