REKONSILIASI BADAN LAYANAN UMUM TAHUNAN TA. 2021

Selasa, 11 Januari 2022

Senin (10/01), bertempat di ruang rapat Puslapbinkuhan Gd. A.H. Nasution Lt. 16 Kemhan, Kapuslapbinkuhan Kemhan, Brigjen TNI Amad Sugiyono, S.E.,M.M., membuka Rapat Rekonsiliasi Badan Layanan Umum Tahunan TA. 2021. Hadir pada kesempatan tersebut para pejabat dari Itjen Kemhan, para Kabid, Kabag, Karumkit di jajaran Kemhan dan TNI dan perserta Vidcon dari rumah sakit di jajaran Kemhan dan TNI.

Pada sambutannya Kapuslapbinkuhan menyampaikan bahwa pelaksanaan Rapat Rekonsiliasi BLU ini merupakan rapat koordinasi satker Badan Layanan Umum dijajaran Kemhan dan TNI yang perlu dilaksanakan dalam rangka mendapatkan kesesuaian data keuangan BLU yang akurat dan akuntabel guna penyusunan Laporan Keuangan Tahun 2021 Unaudited.

Laporan Keuangan BLU merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga yang saat ini dinilai kurang memadai dimana masih terdapat beberapa masalah yang diakibatkan belum optimalnya koordinasi antara unit uang dan barang, koordinasi dengan pihak Kemenkes, serta kurangnya ketelitian operator dalam menginput transaksi. Oleh karena itu dengan rapat rekonsiliasi ini diharapka dapat digunakan sebagai sarana pencocokan data antara satker BLU, Puslapbinkuhan, dan pihak Kemenkes guna mendapatkan kesesuaian data sehingga menghasilkan Laporan Keuangan yang benar-benar akurat dapat dipertanggungjawabkan.

Pada akhir sambutannya Kapuslapbinkuhan menekankan beberapa hal untuk dipedomani : Pertama, Optimalkan rekonsiliasi internal dan telaah LK BLU yang memberikan tools bagi penyusunan LK BLU dan jadikan proses keduanya sebagai early warning dalam menjaga baik keakuratan LK maupun kinerja BLU. Kedua, Tingkatkan kerjasama, koordinasi dan komunikasi Eselon I, Wilayah dan Satker jajaran serta jaga sinergi antara bidang keuangan dan bidang logistik dalam menyelesaikan permasalahan, dalam rangka meningkatkan kualitas LK agar opini WTP terus dapat dipertahankan. Ketiga, tetap semangat dan terus tingkatkan kualitas SDM khususnya personel pada entitas akuntansi dan entitas pelaporan serta lakukan kegiatan rekonsiliasi ini sebagai counterpart dan membantu BLU yang menghasilkan LK yang berkualitas dan mencapai kinerja keuangan yang optimal.

                                       




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia