Rakor Litbanghan 2017 di Ditjen Renhan

Rabu, 13 September 2017

Rapat Koordinasi Penelitian Pengembangan Pertahanan Tahun 2017 dilaksanakan di Jakarta pada Tanggal 7 September 2017 bertempat di Gedung M. Sjaprudin Prawiranegara Lt.IX Jl. Budi Kemuliaan No.4-6 Jakarta Pusat. Tema Rakor Litbanghan ini adalah “Terwujudnya penguasaan Teknologi dan meningkatnya kualitas SDM Litbang untuk mendukung pengembangan Indhan dalam rangka pemenuhan Alpalhankam TNI” Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Marsekal Pertama TNI Hm. Tata Endrataka selaku Direktur Perencanaan Pembangunan Ditjen Renhan Kemhan.

Kegiatan Rakor Litbanghan dihadiri oleh Kadislitbang dan Kabalakpus Angkatan serta Pejabat Ditjen Renhan Kemhan dan Sebagai Nara sumbernya dari Tekindhan, Bapennas dan LIPI. Maksud dari kegiatan tersebut adalah untuk memelihara jalinan komunikasi litbang, sharing informasi serta tukar pengalaman tentang perkembangan terbaru ilmu pengetahuan dan teknologi serta inovasi baru terkait dengan kegiatan Litbang sekaligus untuk mengetahui kebijakan-kebijakan mengenai pelaksanaan kegiatan Litbanghan dan pengembangan hasil kegiatan Litbang.

Dirrenbanghan Ditjen Renhan Kemhan menegaskan bahwa sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah terciptanya kesamaan persepsi diantara penyelenggara kegiatan Litbang, sehingga diperoleh output dan outcome yang optimal serta bermanfaat bagi pengembangan kekuatan dan modernisasi Alutsista ke depannya.

Sejalan dengan fungsinya sebagai badan penelitian dan pengembangan material dan non material, rakor Litbang ini akan membuka wacana para pemangku kepentingan, agar peran strategis kelitbangan dapat diwujudkan dalam bentuk kerjasama yang lebih konkrit, sehingga terbangun jaringan kemitraan yang sinergis antara Lembaga Litbang, dengan Perguruan Tinggi dan Industri Pertahanan untuk mendukung modernisasi Alutsista dan pemenuhan alat peralatan pertahanan.

Penutupan Rakor Litbanghan dilaksanakan pada hari dan tempat yang sama pada pukul 12.45 WIB dengan menjelaskan hasil Rakor Litbanghan Tahun 2017, diantaranya Dalam menyelenggarakan kegiatan Litbang dilingkungan Kemhan dan TNI untuk kedepan, perlu diperhatikan aspek-aspek sebagai berikut :

  1. Tentukan obyek Litbang yang benar-benar sedang dibutuhkan dan dilaksanakan kegiatan Litbanghan sesuai prosedur.

  2. Produk Litbang sebagai hasil dari pelaksanaan kegiatan Litbanghan harus memilliki nilai manfaat sehingga secara langsung dapat dimanfaatkan.

  3. Laksanakan upaya-upaya nyata dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia personel Litbang, baik melalui kegiatan pendidikan, seminar, lokakarya ilmiah maupun forum-forum lainnya.

  4. Laksanakan evaluasi secara terus menerus kegiatan litbang, agar dapat digunakan secara maksimal.

  5. Hindari Duplikasi kegiatan antar komunitas untuk meningkatkan kualitas hasil Litbang

Kegiatan Rakor LItbang di lingkungan Kemhan dan TNI Tahun 2017 dapat dilaksankan dengan aman tertib dan lancer. (Admin/2017)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia