Rapat Penyusunan Pengendalian Pelaksanaan dan Pelaporan Pengelolaan Keuangan PNBP S.D TW II TA. 2018 di Lingkungan Kemhan dan TNI.

Jumat, 10 Agustus 2018

rapat-lt7-agustus

Jakarta, (10/Agustus). Dirdalprogar Ditjen Renhan Kemhan, yang mewakilkan kepada Kasubdit PNBP Ditdalprogar Ditjen Renhan Kemhan Kolonel Adm Hendry Widiyanto, S.E. memimpin dan membuka rapat “Penyusunan Pengendalian Pelaksanaan dan Pelaporan Pengelolaan Keuangan PNBP s.d TW II TA. 2018 di lingkungan Kemhan dan TNI. Dalam rapat ini dihadiri oleh pejabat setingkat Eselon III dan Eselon IV unsur perencanaan dan unsur kesehatan di lingkungan Kemhan dan TNI, diselenggarakan pada hari Jum”at, tanggal 10 Agustus 2018 pukul 09.00 WIB s.d selesai di ruang rapat lantai VII Gedung Syafrudin Prawiranegara Ditjen Renhan Kemhan, Jln. Budi Kemuliaan No.4-6 Jakarta Pusat.

Yang menjadi dasar untuk pengelolaan keuangan PNBP adalah Undang-undang nomor 20 tahun 1997 tantang pengelolaan PNBP khususnya pasal 4 menjelaskan bahwa pemanfaatan asset Negara yang dikelola oleh Kementerian/Lembaga dan digunakan untuk melayani masyarakat umum maka dikategorikan sebagai PNBP sehingga pengelolaan keuangannya harus mengikuti ketentuan perundang undangan dan dilaksanakan secara transparan, akuntabel dan tertib administrasi.

Adapun tujuan dari pengendalian adalah supaya apa yang telah direncanakan dapat dilaksanakan dengan baik sehingga dapat mencapai target maupun tujuannya,

Bahwa PNBP mempunyai peranan penting dalam menunjang Pendapatan Negara Bukan Pajak selain penerimaan dari perpajakan.

Penekanannya bahwa laporan realisasi pelaksanaan PNBP baik PNBP fungsional maupun BLU, wajib dilaporkan secara berjenjang (Bottom Up) per triwulan kepada Menteri Keuangan melalui Menhan dhi Dirjen Renhan Kemhan.

Disamping membahas realisasi anggaran PNBP, rapat hari ini mengharapkan juga dapat menginventarisir kendala-kendala yang masih dihadapi oleh satker pengelola PNBP sehingga kita dapat mencarikan solusi agar pelaksanaan PNBP kedepan akan semakin baik dan lancar.

Demikian beberapa hal yang dapat di sampaikan, mudah-mudahan rapat

hari ini dapat memberikan pemahaman bagi kita semua dan memberikan manfaat untuk tindak lanjutnya.

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia