Rapat Koordinasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan Tahun 2018

Rabu, 5 September 2018

Rapat Koordinasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan Tahun 2018 dilaksanakan di Jakarta pada Tanggal 5 September 2018 bertempat di Gedung M.Syafrudin Prawiranegara Ditjen Renhan Kemhan lantai IX, Jln. Budi Kemuliaan No.4-6 Jakarta Pusat. Tema Rakor Litbanghan ini adalah “Mewujudkan Tata Kelola Kegiatan Litbang yang Terintegrasi dan Akuntabel untuk mendukung Kemandirian Indhan dalam rangka Memenuhi Kebutuhan Alpalhan. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Marsekal Pertama TNI Elianto Susetio, S.IP., M.Si. selaku Direktur Perencanaan Pembangunan Ditjen Renhan Kemhan.

Kegiatan Rakor Litbanghan dihadiri oleh 53 peserta yang terdiri dari unsur Litbang di Lingkungan Unit Organisasi Kemhan dan TNI dan Pejabat Eselon II,III dan IV Ditjen Renhan Kemhan yang terkait dengan Unsur Litbang, sebagai nara sumber dari Kemenristek Dikti, Asrenum Panglima TNI, BPPT, Kabalitbang Kemhan dan Dirjen Pothan Kemhan. Kegiatan Rakor Litbanghan merupakan kegiatan rutin tahunan diselenggarakan oleh Ditjen Renhan Kemhan, ditujukan untuk terus membangun hubungan yang terintegrasi antar lembaga Litbang di Lingkungan Kemhan dan TNI maupun dengan perumus kebijakan. Forum ini penting untuk diadakan guna menyampaikan evaluasi, kebijakan dan rencana kegiatan Litbanghan.

Bahwa sesuai hasil monitoring pelaksanaan program/kegiatan litbang, permasalahan yang cukup mengemuka adalah adanya sebagian besar produk yang belum dapat dimanfaatkan maka diperlukan upaya serta koordinasi antar lembaga Litbang secara terus menerus guna meningkatkan Tatakelola yang lebih baik, diharapkan akan sesuai dengan Tema Rakor Litbanghan Tahun 2018.

Secara garis besar hasil kesimpulan dari dilaksanakannya Rakor Libanghan Tahun 2018 adalah : Guna mewujudkan tatakelola kegiatan litbang yang terintegrasi dan akuntabel untuk mendukung kemandirian Industri Pertahanan dalam rangka memenuhi Alpahan, diperlukan modal :

  1. Perencanaan dalam bentuk Rodmap litbang Kemhan dan TNI

  2. Menyusun Peraturan untuk mengawal konsistensi pencapaian tujuan litbang pada jangka menengah dan jangka panjang.

Diharapkan setelah mendapat pencerahan dari beberapa narasumber regulasi dan arah pembangunan dan lain-lain yang berhubungan dengan tatakelola di bidang Litbanghan akan semakin baik.

Kegiatan Rakor llitbang di Lingkungan Kemhan dan TNI Tahun 2018 dapat dikalsanakan dengan aman, tertib dan lancar. (Admin/2018)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia