Evaluasi Pelaksanaan Renja Kemhan dan TNI Tahun 2018 dan Evaluasi Renstra Kemhan dan TNI Tahun Terakhir Periode 2015-2019,

Rabu, 13 Februari 2019

Jakarta, (13/2). Dirrenbanghan Ditjen Renhan Kemhan, diwakilkan oleh Kasubdit Anevrenbanghan Ditrenbanghan Ditjen Renhan Kemhan Kolonel Inf Krishna Rajasa membuka rapat Evaluasi Pelaksanaan Renja Kemhan dan TNI Tahun 2018 dan Evaluasi Renstra Kemhan dan TNI Tahun Terakhir Periode 2015-2019, yang diikuti oleh bagian perencanaan di lingkungan Kemhan dan TNI. Diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 13 Februari 2019 di rupat gd. M.Sjafruddin Prawiranegara Lantai VI Ditjen Renhan Kemhan Jl. Budi Kemuliaan No.4-6 Jakarta Pusat.

Dengan berakhirnya Tahun 2018, yang merupakan Tahun terakhir dari pelaksanaan Renstra Kemhan dan TNI 2015-2019, sesuai Peraturan Pemerintah nomor 39 Tahun 2006 dan Permen nomor 1 Tahun 2017, bahwa setiap Kementerian/Lembaga wajib melakukan evaluasi pelaksanaan Renja dan Renstra periode sebelumnya maka Kemhan dan TNI perlu melaksanakan evaluasi atas pelaksanaan Renja Kemhan dan TNI Tahun 2018 dan khususnya evaluasi Renstra Tahun berakhir periode 2015-2019 yang digunakan sebagai bahan masukan kepada Kemen PPN/Bappenas dalam rangka penyusunan RPJM 2020-2024.

Adapun hal yang menjadi obyek evaluasi adalah pencapaian sasaran program dan kegiatan yang ditujukan dengan indikator-indikator tertentu berdasarkan sumber daya yang digunakan, serta sejauh mana efisiensi, efektif atas pelaksanaan program-program yang telah direncanakan.

Rapat evaluasi ini pada dasarnya merupakan kegiatan bilateral untuk komunikasi dan penyelarasan data hasil evaluasi Renja oleh Unit Organisasi yang telah diterima sampai saat ini. Namun mengingat evaluasi merupakan tahap terakhir dan sekaligus merupakan input yang pertama untuk perencanaan selanjutnya, maka berdasarkan referensi tahun sebelumnnya dan pengamatan peserta rapat, diharapkan saran masukan yang kondusif dalam rangka penyempurnaan sistem evaluasi perencanaan pembangunan pertahanan di masa mendatang.
Untuk memperoleh bahan masukan yang tepat maka perlu di sampaikan hal-hal yang perlu mendapat perhatian bersama, antara lain sbb:

Pertama. Perumusan sasaran strategis Kemhan dan TNI dalam rangka pencapaian sasaran pembangunan nasional berikut penjabarannya ke dalam program dan kegiatan yang bersifat indikatif.

Kedua. Perumusan indikator kinerja program dan kegiatan yang lebih menggambarkan pencapaian sasaran program maupun sasaran kegiatan berikut target dan satuan ukurnya

Ketiga. Konsistensi penjabaran Renstra kedalam Renja Tahunan baik Indikator, target maupun satuan ukurnya.

Demikian sambutan Kasubdit Anevrenbanghan Ditrenbanghan Ditjen Renhan Kemhan mengawali rapat, diharapkan kepada seluruh peserta rapat dapat menyumbangkan tenaga dan pikirannya dalam penyusunan Evaluasi Pelaksanaan Renja Kemhan dan TNI Tahun 2018 dan Evaluasi Renstra Kemhan dan TNI Tahun Terakhir Periode 2015-2019 (/Admin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia