Rapat Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) Bulan April 2019 di Lingkungan Kemhan dan TNI

Kamis, 11 April 2019


Jakarta, (11/4). Dirdalprogar Ditjen Renhan Kemhan, diwakilkan oleh Kasubdit Evlapprogar Ditdalprogar Ditjen Renhan Kemhan Kolonel Inf Achmad Taufiq membuka rapat Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) Bulan April 2019 di Lingkungan Kemhan dan TNI yang diikuti oleh peserta pokja bagian perencanaan dan Sistem Data Informasi di lingkungan Kemhan dan TNI. Diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 11
April 2019 di rupat gd. M.Sjafruddin Prawiranegara Lantai VII Ditjen Renhan Kemhan Jl. Budi Kemuliaan No.4-6 Jakarta Pusat.

Pada saat rapat ada beberapa hal yang dibahas secara bersama-sama diantaranya:

1. Perkembangan Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP).
2. Pelaksanaan Perkembangan Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) sampai akhir Februari Tahun 2019 di Lingkungan Kemhan dan TNI.
3. Perkembangan daya serap anggaran Kemhan dan TNI sampai dengan 29 Maret 2019 (termasuk dana cadangan alutsista /escrow accout).

Perkembangan SIRUP sampai dengan akhir bulan Maret Tahun 2019 menunjukkan hasil yang belum maksimal yaitu 81 %. Dimana masih terdapat beberapa satker di lingkungan U.O Kemhan dan TNI belum sepenuhnya meng Input data dan memplubikasikan atau mengumumkan (Publish) pengadaan barang/jasa baik melalui penyedia maupun dengan swakelola.

Ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian diantaranya:

1. Proses pengadaan segera dilaksanakan sesuai dengan rencana/jadwal dan meng Input data serta mengumumkan atau mengpublikasikan (Publish) guna mengoptimalkan pencapaian daya serap.
2. Agar dilaksanakan kontrak pada awal Tahun Anggaran
3. Proses pengadaan yang telah dikontrak agar dimonitor perkembangannya serta kemajuannya diharapkan tidak terjadi lintas tahun.

Demikian beberapa hal yang disampaikan dalam pertemuan rapat tersebut diharapkan setelah pertemuan ini mudah-mudahan penilaian TEPRA dan daya serap Kemhan dan TNI tahun ini lebih meningkat lagi dibandingkan dengan tahun lalu.(admin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia