Edukasi dan Sosialisasi Savings Bond Ritel Seri SBR008

Selasa, 17 September 2019

Pada hari Selasa, tanggal 17 September 2019 dilaksanakan Edukasi dan Sosialisasi Savings Bond Ritel Seri SBR008 di Gd. M.Sjafruddin Prawiranegara Lantai IX Ditjen Renhan Kemhan, yang diikuti oleh 100 orang peserta dari seluruh perwakilan Satker di lingkungan Kemhan.

Acara Edukasi dan Sosialisasi Surat Utang Negara Ritel, Savings Bond Ritel Seri SBR008 ini dilakukan oleh Direktorat Surat Utang Negara (Dit SUN) Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu serta Mitra Distribusi Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR008 bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman mengenai pengelolaan pembiayaan APBN, sekaligus juga meningkatkan partisipasi dan pemahaman masyarakat dalam berinvestasi di instrumen pembiayaan yang di keluarkan oleh Pemerintah.

Tujuan Penerbitan SUN Ritel tersebut tentunya tidak terlepas dari tujuan umum penerbitan Surat Utang Negara sebagaimana diamanatkan dalam UU No.24 Tahun 2002, yaitu membiayai sebagian defisit APBN. Namun demikian, penerbitan SUN Ritel secara online dengan jumlah yang semakin meningkat secara khusus juga ditujukan untuk mempermudah akses masyarakat berinvestasi di SUN ritel, memperluas basis investor dalam negeri dengan menyediakan alternatif investasi dan mendukung keuangan inklusif ( financial inclusion), serta hasil penerbitannya dimanfaatkan untuk mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Diharapkan SBR008 ini tidak hanya menjadi alternatif instrumen investasi bagi masyarakat luas, tetapi juga mendorong peran serta masyarakat dalam pembiayaan pembangunan dalam rangka mewujudkan kemadirian bangsa.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia