Kunjungan Kerja Lapangan Dikpa Staf Renstra TNI AD Tahun 2019

Senin, 7 Oktober 2019

Senin, 07 Oktober 2019

Ditjen Renhan Kemhan pada hari Senin, tanggal 7 Oktober 2019 di Gd. M.Sjafruddin Prawiranegara Lantai IX Ditjen Renhan Kemhan, menerima Kunjungan Kerja Lapangan Pasis Dikpa Staf Renstra TNI AD Tahun 2019, dalam rangka menambah wawasan pengetahuan di bidang perencanaan pertahanan negara.

Dalam sambutannya Dirjen Renhan Kemhan yang diwakilkan oleh Dirrenbanghan Marsma TNI Surya Chandra Siahaan, S.IP., menyampaikan beberapa hal diantaranya:

Kunjungan kerja Pasis Dikpa Staf Renstra TNI AD ke Ditjen Renhan Kemhan selain menambah wawasan pengetahuan di bidang perencanaan dan penanggaran juga diharapkan akan lebih mendalami bagaimana sistem perencanaan pertahanan negara dilaksanakan. Penyelenggaraan perencanaan dan penganggaran baik yang dilaksanakan pada tingkat Nasional maupun Kementerian dan Lembaga senantiasa mengalami pemutakhiran sebagai bagian dalam proses manajemen pemerintah, guna mewujudkan perencanaan dan penganggaran yang lebih efektif efisien dan tepat sasaran. Oleh karenanya Ditjen Renhan Kemhan selaku leading sektor dalam proses penyusunan perencanaan dan penganggaran di tingkat Kementerian Pertahanan harus senantiasa mengikuti perubahan-perubahan tersebut guna terwujudnya proses perencanaan dan penganggaran Pertahanan Negara yang berkesinambungan sebagaimana yang digariskan Pemerintah.

Dengan akan berakhirnya Renstra Kemhan dan TNI, Kementerian Pertahanan dan TNI saat ini sedang mempersiapkan penyusunan Renstra 2020-2024 yaitu Renstra tahap terakhir (ke 4) dalam RPJP Nasional. Proses penyusunan Renstra Kemhan dan TNI Tahun 2020-2024 diawali dengan penyusunan Rancangan Teknokratik dan saat ini sedang disusun Rancangan Renstra Kemhan dan TNI 2020-2024 oleh Ditrenbanghan Ditjen Renhan Kemhan. Renstra merupakan penjabaran dari Visi Kemeterian/Lembaga dan dilengkapi dengan rencana sasaran nasional yang hendak dicapai dalam rangka mencapai sasaran Program Prioritas Presiden.

Perlu diketahui dan dipahami bahwa penyusunan Renstra 2020-2024 telah menggunakan aplikasi berbasis Web serta dapat diakses melalui perangkat elektronik yang dikenal dengan nama sistem informasi Krisna Renstra. Aplikasi ini merupakan kolaborasi perencanaan, penganggaran dan informasi kinerja anggaran yang terintegrasi dengan sistem dari tiga kementerian yaitu Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Keuangan dan Kementerian PAN RB.

Aplikasi ini mendorong terwujudnya APBN yang fokus, efisien, akuntabel dan tepat sasaran sehingga setiap rupiah dari anggaran dapat tepat sasaran dan bermanfaat. Penyusunan Renstra berbasis Web tersebut tidak hanya dilaksanakan di Kementerian/Lembaga, namun telah dilaksanakan sampai dengan tingkat unit organisasi yang kedepannya akan bertahap sampai tingkat satker di Lingkungan Kemhan dan TNI.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia