PAPARAN DIRJEN RENHAN SAAT RAPIM KEMHAN TAHUN 2020

Jumat, 24 Januari 2020

Jakarta Dirjen Renhan Kemhan Marsda TNI Dody Trisunu menghadiri kegiatan Rapim Kemhan, TNI dan Polri yang berlangsung selama dua hari Rabu dan Kamis (22-23/01 /2020). Adapun Tema Rapim Kemhan “Pertahanan Semesta Yang Kuat Menjamin Kelangsungan Hidup NKRI”. Dalam paparannya Dirjen Renhan menyampaikan Refleksi anggaran Kemhan dan TNI Tahun 2019 dan Proyeksi Tahun 2020. Anggaran Kemhan/TNI dari tahun ke tahun senantiasa berubah secara dinamis, sesuai dengan perubahan lingkungan strategis, hakekat dan bentuk ancaman, kepentingan dan prioritas kemanan nasional, ketersediaan sumberdaya serta kemampuan pembiayaan negara. Pada tahun 2020, tema RKP adalah “Peningkatan Sumber Daya Manusia Untuk Pertumbuhan Berkualitas”. Selaras dengan tema tersebut, maka sasaran yang ingin dicapai dalam bidang pertahanan adalah “Terjaganya keutuhan dan kedaulatan wilayah NKRI serta keselamatan bangsa” Pemerintah telah mencanangkan lima Prioritas Nasional, dua diantaranya terkait dengan Kementerian Pertahanan yaitu: pertama pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan, kedua stabilitas pertahanan dan keamanan.

Dari dua Prioritas Nasional akan dilaksanakan kedalam dua program prioritas yang nantinya diturunkan menjadi kegiatan-kegiatan prioritas sampai dengan menjadi proyek prioritas.

Dengan adanya Prioritas nasional tersebut maka disusun arah kebijakan dan strategi yang ditempuh dalam rangka pencapaian sasaran antara lain:

  • Pembangunan kekuatan pokok minimum menuju kekuatan postur pertahanan ideal yang meliputi penyiapan kekuatan, kemampuan dan gelar.
  • Pembangunan karakter bangsa dengan melalui pembinaan kesadaran bela negara.
  • Memantapkan kerja sama dengan neagara-negara sahabat dalam kerangka pengembangan kemampuan dan meningkatkan peran aktif dalam peace keeping operation;
  • Penguatan kemandirian industri pertahanan meliputi indhan dan litbang

Pelaksanaan kegiatan Rapim Kemhan Tahun 2020 telah dilaksanakan dengan tertib, aman dan lancar. (/Admin)

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia