PERINGATAN HARI ULANG TAHUN KE-78 KEMERDEKAAN RI TAHUN 2023 DI LINGKUNGAN KEMHAN

Kamis, 17 Agustus 2023

Jakarta, 17/08/2023 – Direktur Pengendalian Program dan Anggaran Marsekal Pertama TNI Latif Ainul Yaqin, S.E., M.M. berkenan sebagai inspektur pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023 Di Lingkungan Kemhan, bertempat di Lapangan apel Ditjen Renhan Kemhan di Jl. Budi Kemuliaan no 4-6 Jakarta Pusat.

Dalam Upacara Peringatan HUT RI Ke 78 ini Menhan RI melalui amanatnya menyampaikan bahwa pelaksanaan upacara ini merupakan sarana untuk menyegarkan kembali ingatan kita atas pengorbanan, kegigihan, dan keteguhan serta semangat para pejuang kemerdekaan. Tema nasional peringatanHUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 adalah “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. Menhan menyampaikan bahwa tema ini melambangkan olahraga estafet, yang merefleksikan semangat kolektif, berharmoni, berkolaborasi serta sinkronisasi irama gerak dan sinergi pikiran dari tiap-tiap pelari untuk satu tujuan.

Dalam amananya Menteri Pertahanan juga menyampaikan bahawa Kemhan dan TNI telah berhasil melaksanakan terobosan-terobosan di bidang pertahanan, terobosan tersebut telah membuahkan keberhasilan diantaranya:

Pertama: Terjaganya Stabilitas Pertahanan dan Keamanan.

Pencapaian pembangunan kekuatan pokok TNI Tahun 2020-2024 secara kuantitas telah mencapai 65,45% dari total target sebesar 100%di Tahun 2024 dengan rincian TNI AD 77,98%, TNI AL 66,92% dan TNI AU 51,44%. Data-data tersebut mengafirmasikan bahwa trend positif peningkatan nilai indeks kekuatan militer dan pemenuhan pembangunan kekuatan pokok TNI.

Kedua, Menguatnya Keamanan Dalam Negeri pada Indikator Angka Pelanggaran Lintas Batas Negara.

Kemhan dan TNI terus melaksanakan berbagai program serta kegiatab nyata guna mengatasi pelanggaran lintas batas negara, diantaranya pembangunan pos pengamanan perbatasan, sehingga mulai Tahun 2022 hingga periode Semester I Tahun 2023 tidak ditemukan pelanggaran lintas batas negara.

Ketiga, Kontribusi Industri Pertahanan Dalam Negeri.

Upaya dan terobosan peningkatan kontribusi industri pertahanan dalam negeri terus dilaksanakan diantaranya:

  • Peluncuran Holding BUMN ibdustri pertahanan Defence Indutry Indonesia (DEFEND ID) dan Program Strategis BUMN Industri Pertahanan, yang diharapkan menjadi ujung tombak kemadirian industri pertahanan serta meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN)

  • Memacu industri pertahanan dalam negeri untuk memperluas pasar dan mengembangkan penetrasi pasar global dengan memperkenalkan/menjual hasil produk kepada negara asing.

Keempat, Kerjasama Pertahanan Dengan Negara-Negara Sahabat dan Pengiriman Pasukan Misi Perdamaian PBB.

Kerja sama pertahanan yangtelah dilaksanakan dengan negara sahabat, diantaranya menerima kunjungan Menhan Kerajaan Arab Saudi, Dubes Nigeria untuk Indonesia, Rekor UNHAN Cina, Menlu Turki, Menhan Jerman, Wakil PM/Menhan Australia, Waki PM/Menhan Qatar, Menhan China, Menhan Belanda , Menhan Inggris, Senior Minister and Coordinating Minister for National Security, Republic of Singapore, Sultan Johor, Chief of Staff of the United States Army General, serta Menhan Republik Demokratik Kongo.

Kelima, Penetapan Komcad Tahun 2023.

Pada tahun 2023, kemham telah berhasil menetapkan 2.497 orang sebagai anggota komponen cadangan pertahanan negara.

Diakhir amanatnya Menhan berpesan agar seluruh pegawai Kemhan dan TNI terus belajar memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan, cepat beradaptasi dengan perkembangan zaman dan mengabdi setulus hati.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia