RAKERNISREN KEMHAN DAN TNI 2024

Kamis, 21 Maret 2024

Jakarta Kamis (20/3/2024) – Direktorat Jenderal Perencanaan Pertahanan Kementerian Pertahanan (Ditjen Renhan Kemhan) melaksanakan Rapat Kerja Teknis Perencanaan (Rakernisren) Pertahanan TA. 2024 yang dibuka secara resmi oleh Dirjen Renhan Kemhan Laksda TNI Supo Dwi Diantara S.T., M.Tr. Opsla., IPU., M.A., di Gedung M. Sjafruddin Prawiranegara Ditjen Renhan Kemhan Aula Lt. IX Jl. Budi Kemuliaan no 4-6 Jakarta Pusat. Kegiatan Rakernis Perencanaan Pertahanan merupakan tindak lanjut dari hasil pelaksanaan kegiatan Rapim Kemhan dan TNI Tahun 2024 yang sudah dilaksanakan pada beberapa waktu yang lalu.

Penyelenggaraan Rakernisren ini merupakan langkah strategis dalam rangka mengevaluasi pelaksanaan kegiatan-kegiatan di tahun 2023 dan menelaah proyeksi rencana kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun 2024. Selain itu forum rakernisren ini untuk membangun kesamaan persepsi, soliditas, dan Sinergitas di antara pengelola bidang perencanaan di lingkungan Kemhan dan TNI. Sehingga sistem perencanaan pertahanan dapat tercapai dan diselenggarakan dengan sebaik-baiknya. Sejalan dengan itu tema yang akan di angkat pada Rakernisren adalah ”Pengelolaan anggaran yang akuntabel dan transparan dalam mendukung pertahanan yang tangguh guna menjamin kedaulatan dan keunggulan Indonesia maju”.

Dalam sambutannya Dirjen Renhan Kemhan mengungkapkan, bahwa tema tersebut secara implementatif, harus melakukan langkah – langkah efektif yang dilandasi dengan komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugas sesuai peran dan fungsi masing-masing, termasuk dengan melakukan tindakan korektif dan pengendalian pada agenda perencanaan anggaran tahun 2024. Untuk itu perlu memedomani kebijakan umum pertahanan negara. Dari arah kebijakan tersebut, ada 4 (empat) fokus pembangunan postur TNI yang terus dilanjutkan di tahun 2024 yaitu: (1) pembangunan kekuatan pokok TNI melalui modernisasi alutsista, (2) pembentukan komponen cadangan dan komponen pendukung, (3) peningkatan kesejahteraan dan profesionalitas prajurit TNI, (4) memperkuat satuan tempur dengan membentuk satuan produksi pangan dan konstruksi.

Dirjen Renhan Kemhan juga memberikan penekanan kepada peserta Rakernisren, antara lain: dalam pelaksanaan program dan anggaran tahun anggaran 2024 agar mempedomani arah kebijakan pertahanan negara tahun 2024; meningkatkan kualitas perencanaan dan kedisiplinan dalam melaksanakan rencana kegiatan serta meningkatkan kualitas belanja melalui efisiensi dan efektivitas belanja (value for money); meningkatkan monitoring dan evaluasi serta sistem pengendalian internal; diharapkan dalam penyusunan Renstra tahun 2025-2029 dengan melibatkan unit organisasi Kemhan dan TNI serta K/L terkait, dapat mengikuti tahapan sesuai timeline sehingga tepat waktu dan dapat mewadahi kebutuhan sesuai skala prioritas; Indikator Kinerja Utama (IKU) sebagai acuan ukur kinerja pelaksanaan tugas dan fungsi dalam menetapkan rencana kerja sesuai dengan dokumen rencana strategis pertahanan negara dalam penyusunan IKU Tahun 2025-2029 agar menyelaraskan kembali dengan metode pengukuran yang jelas dan rumusan tujuan serta sasaran strategis/program/ kegiatan/rincian output yang berorientasi hasil; melaksanakan peningkatan kompetensi dalam pengguna aplikasi SAKTI melalui pelatihan secara rutin dan berkelanjutan karena dalam aplikasi tersebut memuat seluruh proses pengelolaan anggaran penerimaan dan belanja negara (APBN) oleh K/L dari tahap penganggaran sampai dengan penyusunan laporan keuangan.

Dalam kegiatan Rakernis Perencanaan Kemhan TA 2024, dihadiri oleh Waasrenum Panglima TNI, Wa Aslog Panglima TNI, Wa Aslog Kas Angkatan, Kabaranahan Kemhan, Wairjen TNI, Irjen TNI, SesItjen Kemhan serta Para Pejabat Esselon III dan IV di lingkungan Ditjen Renhan Kemhan serta para undangan dari kementerian lain. (/adm)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia