Menhan RI Terima Kunjungan Menhan Australia

Senin, 21 Maret 2016

Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu menerima kunjungan kehormatan Menteri Pertahanan Australia Marise Ann Payne, Senin (21/3) di kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta. Kunjungan ini dalam rangka meningkatkan hubungan kerjasama bilateral kedua negara di bidang pertahanan yang telah terjalin lebih dari setengah abad. Selain itu, kunjungan ini juga sebagai kunjungan balasan atas kunjungan Menhan RI ke Australia pada bulan Desember 2015 yang lalu.

Kunjungan kehormatan Menhan Australia didahului dengan penyambutan oleh Menhan RI melalui Upacara Jajar Kehormatan di halaman Kantor Kemhan RI, Jakarta. Turut mendampingi Menhan RI antara lain Sekjen Kemhan Laksdya TNI Widodo, Irjen Kemhan Marsdya TNI Ismono Wijayanto dan sejumlah pejabat eselon I di lingkungan Kemhan RI.

Selanjutnya, Menhan RI dan Menhan Australia didampingi masing – masing delegasi dari kedua negara melakukan pertemuan bilateral. Pertemuan  membahas berbagai isu-isu terkait peningkatan kerjasama pertahanan kedua negara baik secara bilateral maupun partisipasi aktif dalam forum multilateral regional sebagai upaya memberikan kontribusi positif dalam menjaga stabilitas keamanan di kawasan.

Masing – masing delegasi juga memaparkan tentang substansi Buku Putih Pertahanan. Pemaparan Buku Putih Pertahanan tersebut sebagai salah satu bentuk upaya membangun saling percaya (Confidence Building Measures) dan transparasi antara kedua negara.

Dalam Buku Putih Pertahanan Indonesia yang saat ini masih dalam proses penyelesaian, kebijakan pertahanan RI lebih menfokuskan kepada upaya menghadapi ancaman nyata yang merupakan ancaman bersama di kawasan, meliputi ancaman terorisme dan radikalisme, separatisme dan pemberontakan bersenjata, bencana alam dan lingkungan, pelanggaran wilayah perbatasan, perompakan dan pencurian Sumber Daya Alam, wabah penyakit, perang siber dan intelijen serta peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

Pertemuan bilateral Menhan RI dan Menhan Australia juga membicarakan perkembangan kerjasama bilateral pertahanan kedua negara antara lain kerjasama forum tahunan Indonesia-Australia Defence Sterategic Dialogue (IADSD) yang telah berlangsung 13 kali.

Demikian Siaran Pers Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia