Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945, Kemhan Gelorakan Semangat Bela Negara

Rabu, 1 Juni 2016

Dalam rangka memperingati Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 yang dilaksanakan secara nasional, Kementerian Pertahanan bekerjasama dengan berbagai pihak mengadakan kegiatan yang dikemas dengan tema “Semarak Bela Negara di Darat, Udara dan Laut (Raturala)”. Kegiatan ini diadakan sebagai sarana untuk menggelorakan semangat Bela Negara serta menyegarkan kembali ingatan bangsa Indonesia tentang sejarah dan dasar ideologinya.

Kegiatan Semarak Bela Negara ini juga amat monumental dan relevan dengan program Bela Negara yang  sedang dilaksanakan oleh semua Kementerian/Lembaga Negara utamanya oleh Kementerian Pertahanan dan merupakan sinergi yang amat baik dari berbagai pihak dalam rangka mendukung Revolusi Mental Program Nawa Cita Pemerintah Jokowi-JK.

Untuk mewujudkan terlaksananya kegiatan tersebut, Kemhan melalui Badiklat Kemhan bekerjasama dengan berbagai pihak antara lain PT Garuda Indonesia, PT Citilink Indonesia, Yayasan Permata dengan Klinik Pancasila-nya, Mahkamah Konstitusi dengan Pusat Pendidikan Pancasila-nya, PT Telkom dan PT Telkomsel Indonesia.

Kegiatan Semarak Bela Negara diikuti peserta yang berasal dari Kemhan, Kemenhub, Tokoh Masyarakat, Anggota MPR, Angggota MK, Pemuka Agama, Pelajar, Mahasiswa, Anggota KNPI, Artis, Wartawan, Anggota MNC Group, Anggota CSI Group, Brigade Cakra 9 CSI Group, PT Garuda, PT Citilink, Pertamina, Klinik Pancasila dan PT Ibolz Indonesia.

Kegiatan diawali dengan pelepasan peserta dari Jakarta oleh Irjen Kemhan Marsdya TNI Ismono Wijayanto, Rabu (1/6) di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta. Usai dilepas, selama perjalanan menuju Bandara Juanda, Surabaya, di dalam pesawat melaksanakan  kegiatan selayang pandang Bela Negara dan Pancasila.

Tiba di Bandara Juanda, Surabaya dan disambut oleh Muspida Provinsi Jawa Timur, selanjutnya kontingen dibagi dalam tiga rombongan dan menuju tiga tempat berbeda. Rombongan pertama menuju ke Pemda Provinsi Jawa Timur, rombongan kedua menuju Universitas Airlangga dan rombongan ketiga menuju Dermaga Armatim, Surabaya.

Di ketiga tempat tersebut, masing – masing rombongan kontingen melaksakan kegiatan audensi dan ceramah Bela Negara dan ceramah Pancasila dengan aparat pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh adat,  mahasiswa dan  pelajar.

Demikian Siaran Pers Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia