Lomba Parade Cinta Tanah Air Tingkat Pusat Tahun 2016

Kamis, 8 September 2016

Kementerian Pertahanan kembali menyelenggarakan kegiatan Lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) Tingkat Pusat Tahun 2016. Kegiatan yang diikuti Mahasiswa/Mahasiswi dan Pelajar SLTA sederajat di seluruh Indonesia ini diselenggarakan sebagai sarana sosialisasi dalam rangka pembentukan karakter kepada generasi muda Indonesia.

Kegiatan Lomba PCTA Tahun 2016 dengan tema “Memantapkan Sikap Generasi Muda Dalam Menghadapi Kemajuan Informasi dan Teknologi” tersebut dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 5 s.d. 9 September 2016.

Materi yang dilombakan meliputi lomba keterampilan dan lomba diskusi. Untuk lomba diskusi antar Pengguruan Tinggi dan SLTA sederajat diikuti masing-masing 34 Tim dari 34 Provinsi di Indonesia. Masing – masing tim terdiri dari dua orang yang merupakan juara Lomba PCTA di tingkat provinsi.

Selain kegiatan lomba, dalam rangkaian Lomba PCTA Tingkat Pusat Tahun 2016 tersebut para peserta juga mengikuti kegiatan tambahan berupa ceramah pengetahuan bela negara. Para peserta juga berkesempatan melaksanakan kunjungan wisata bela negara ke Satuan TNI, Monumen Nasional dan Istana Negara Bogor serta bertatap muka dengan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu di kantor Kemhan, Jakarta.

Lomba PCTA merupakan kegiatan yang telah dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya oleh Kemhan sejak tahun 2012. Melalui kegiatan Lomba PCTA ini diharapkan karakter kebangsaan, cinta tanah air serta semangat patriotisme untuk generasi muda Indonesia akan semakin tertanam.

Disamping itu, kegiatan sosialisasi yang melibatkan partisipasi aktif elemen masyarakat dari generasi muda Indonesia seperti ini juga merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan oleh Kemhan dalam mengatasi dan menangkal ancaman non militer yang merupakan ancaman nyata pertahanan negara saat ini.

Melalui penyelenggaraan kegiatan Lomba PCTA tersebut, sampai dengan saat ini Kemhan telah membentuk Ikatan Alumni PCTA di setiap provinsi sebagai kader bela negara di lingkungan pendidikan yang dibina oleh Kemhan dan didukung oleh Pemda serta TNI.

Demikian Siaran Pers Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia