Humas Setjen Kemhan Adakan Pers Tour Ajak Awak Media Kunjungi PT PAL Indonesia

Kamis, 4 Juli 2019

Subaraya- Kementerian Pertahanan melalui Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal (Rohumas Setjen) Kemhan mengadakan kegiatan Pers Tour mengunjungi PT PAL Indonesia (Persero) yang merupakan salah satu industri strategis di Indonesia yang memproduksi Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) khususnya untuk matra laut, Rabu (3/7) di Dermaga Ujung, Surabaya.

Kegiatan Pers Tour yang diikuti beberapa wartawan dari Media Cetak, Media Online dan Televisi tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Biro Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Totok Sugiharto, S.Sos, dengan didampingi Kepala Bagian Pemberitaan Biro Humas Setjen Kemhan Kolonel Adm. Agus Setyo Hartono, SAP.

Kegiatan Pers Tour ini diharapkan menjadi kesempatan yang baik bagi awak media untuk dapat menggali dan memperoleh informasi dari nara sumber secara langsung dengan aktual dan faktual terkait bagaimana peran PT PAL Indonesia (Persero) secara profesional mengemban amanah berperan aktif dalam mendukung pemenuhan kebutuhan Alutsista matra laut sekaligus sebagai pemandu utama (Lead Integrator) matra laut.

“Bagi rekan-rekan wartawan, kesempatan yang baik ini adalah sebagai bahan masukan yang sangat penting dan berharga dalam mempublikasikan berita di medianya dengan benar, akurat, faktual dan berimbang di dalam rangka mendukung peran dan berbagai hal strategis yang telah dilakukan oleh PT PAL Indonesia (Persero)”, ungkap Karohumas Setjen Kemhan.

Sebagaimana UU No. 16 Tahun 2012 tentang industri pertahanan, bahwa BUMN strategis termasuk PT PAL Indonesia (Persero) telah diberikan peran yang kuat dan ruang yang lebih luas. Saat ini PT PAL Indonesia (Persero) tengah mengembangkan produk-produk yang akan dipasarkan di dalam negeri maupun luar negeri. PT PAL Indonesia (Persero) sejauh ini telah membuktikan kemampuan, kompetensi, dan pengalamannya dalam memproduksi sejumlah kapal patrol dan kapal perang hingga mencapai 83 unit.

Saat ini melalui kontrak pengadaan yang ditandatangani pada tanggal 28 Desember 2018, PT PAL Indonesia (Persero) sedang menyelesaikan pengerjaan 4 (empat) unit Kapal Cepat Rudal (KCR)-60 pesanan Kemhan untuk memenuhi kebutuhan Armada Perang TNI Angkatan Laut. KCR-60 Meter tersebut merupakan Produk Inovasi Teknologi Kapal Perang buatan PT PAL Indonesia (Persero) yang di desain untuk menjaga wilayah perbatasan maritim Indonesia.

Kunjungi Koarmada II dan Pusdiklat Hanudnas

Selain mengunjungi PT PAL Indonesia (Persero), pada kegiatan Pers Tour yang dilaksanakan selama dua hari ini, para Awak Media juga berkesempatan diajak mengunjungi Komando Armada II TNI AL dan Pusat Pendidikan dan Latihan Pertahanan Udara Nasional (Pusdiklat Hanudnas), Kamis (4/6).

Kunjungan ke Koarmada II TNI AL ini dalam rangka mendapatkan informasi secara langsung bagaimana tugas – tugas Koarmada II TNI AL sebagai Satuan Kotama Operasi dalam membina dan menyelenggarakan kesiapan operasional melaksanakan Operasi Militer Perang dan Operasi Militer Selain Perang dalam rangka penegakan kedaulatan dan hukum di laut. Selain itu, para awak media juga dapat menggali informasi terkait Alutsista yang dimiliki di jajaran Koarmada II TNI AL dalam mengawal kedaulatan NKRI.

Sedangkan kunjungan ke Pusdiklat Hanudnas, para awak media dapat melihat secara langsung bagaimana sistem dan sarana prasarana penyelenggaraan Pendidikan dan Latihan Spesialisasi Sishanudnas bagi personel organik/non organik maupun TNI serta Instansi lain yang dipersiapkan untuk mendukung tugas pokok Kohanudnas.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia