Forum Komunikasi Bakohumas Kemhan Tentang Keamanan Siber

Jumat, 16 Agustus 2019

Jakarta — Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Pertahanan mengadakan acara Forum Komunikasi Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat Kementerian Pertahanan dengan mengambil materi tentang Keamanan Siber, Selasa (16/7) di Gedung A.H.Nasution Lt.16 Kemhan Jakarta.

Penyelenggaraan kegiatan Forum Komunikasi Bakohumas sangatlah penting dilaksanakan karena untuk mendiseminasi informasi kepada publik melalui para pejabat kehumasan di masing-masing Kementerian/Lembaga. Bakohumas merupakan bentuk solidaritas antar Humas pemerintah untuk berbagi informasi sebagai bahan merumuskan kebijakan di instansi pemerintah.

Forum Komunikasi Bakohumas ini mengangkat tema “Peran Keamanan Siber pada Strategi Komunikasi Humas dalam rangka Pertahanan Negara”.

Sekretaris Jenderal Kemhan Laksamana Madya TNI Agus Setiadji, S.A.P., M.A dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kabag Hubmitra Biro Humas Setjen Kemhan Kolonel Inf Drs. Susilo Wardoyo, M.Si menyampaikan bahwa perkembangan teknologi informasi terus meningkat namun juga diiringi dengan banyaknya kasus kejahatan di dunia maya (cyber crime). Pesatnya perkembangan teknologi tersebut hampir menjangkau setiap sisi kehidupan dan berpengaruh pula terhadap cara bersosialisasi dan berkomunikasi, tidak terkecuali juga bidang kehumasan (public relation).

Kehumasan mau tidak mau harus menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi, jika dahulu humas memanfaatkan media konvensional seperti layar kaca dan surat kabar, di era cyber ini berbagai media seperti website juga jejaring sosial berbasis lokasi ataupun video dan instant messenger dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi organisasi kepada masyarakat.

Lebih lanjut Sekjen Kemhan menyampaikan Cyber security merupakan upaya untuk memastikan pencapaian dan pemeliharaan sifat keamanan organisasi dan aset pengguna terhadap risiko keamanan yang relevan dalam lingkungan cyber.

Humas pemerintah memiliki fungsi mengedukasi masyarakat untuk meningkatkan citra dan reputasi pemerintah, membangun jembatan sosialisasi yang baik, membangun hubungan yang menguntungkan antar stakeholder serta membangun kepercayaan.

Sekjen Kemhan juga berharap agar dengan melalui Forum Komunikasi Bakohumas ini dapat dijadikan media untuk mempublikasikan dan penyebarluasan informasi tentang keamanan siber dan strategi kehumasan.

Sebagai insan humas Kementerian/Lembaga yang memiliki kemampuan menjangkau seluruh komponen masyarakat baik dilingkungan kantor maupun di masyarakat, humas juga sebagai fasilitator kebijakan pemerintah yang berkewajiban meneruskan informasi dan pemahaman tentang keamanan siber dalam rangka penguatan pertahanan negara.

Kegiatan ini juga diisi acara diskusi tentang Keamanan Siber dengan Narasumber Brigjen TNI Bondan Widiawan, S.Kom, M.Si dan Kolonel (Sus) Dr. Ir. Rudy Agus Gemilang Gultom, M.Sc.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia