Defence Tour 2021, Biro Humas Setjen Kemhan Ajak Awak Media Lihat Capaian Produk Alpalhankam PT Pindad

Selasa, 30 Maret 2021

Bandung – Dalam rangkaian kegiatan Defence Tour 2021, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan Marsma TNI Penny Radjendra ST., M.Sc., M.Sc. dan Asisten Khusus Menhan Bidang Media dan Hubungan Lembaga Ghina Ghaliya Quddus, bersama beberapa Wartawan Media Massa Nasional berkesempatan mengunjungi PT Pindad (Persero), Selasa (30/3) di Bandung.

Kegiatan Defence Tour 2021 diselenggarakan oleh Biro Humas Setjen Kemhan dan dilaksanakan dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.Melalui kunjungan ini, Karo Humas Setjen Kemhan mengajak para awak media melihat secara langsung berbagai capaian kemajuan produk Alat Peralatan Pertahanan dan Kemanan (Alpalhankam) yang telah mampu diproduksi oleh PT Pindad.

Kedatangan rombongan Defence Tour 2021 diterima langsung oleh Direktur Utama PT Pindad (Persero) Abraham Mose dan jajarannya. Diawali dengan paparan singkat oleh Dirut PT Pindad, kunjungan tersebut dilanjutkan dengan peninjauan ke fasilitas produksi PT Pindad dan diakhiri dengan kegiatan menembak.

Karo Humas Setjen Kemhan mengatakan, melalui kegiatan Defence Tour 2021 ini, diharapkan produk – produk yang selama ini sudah berhasil dicapai oleh PT Pindad, dapat dinarasikan dan dipublikasikan oleh para wartawan secara lebih luas ke publik baik secara nasional maupun internasional.

Sebagaimana yang sering disampaikan oleh Menhan, Karo Humas Setjen Kemhan menyampaikan bahwa pada dasarnya pertahanan negara bukan hanya tanggung jawab TNI, tetapi juga menjadi segenap komponen bangsa. Dan industri pertahanan adalah salah satu komponen pendukung utama dalam majunya sebuah pertahanan negara.

“Disisi lain untuk para jurnalis juga nantinya diharapkan dapat mampu menjadi kepanjangan tangan dari upaya – upaya kita secara mandiri sehingga negara ini semakin lebih kuat di bidang pertahanan negara”, tambah Karo Humas Setjen Kemhan.

Sementara itu, Dirut PT Pindad menyampaikan, menyambut baik dan merasa bangga dapat menerima kunjungan rombongan Defence Tour 2021 dari Biro Humas Setjen Kemhan, yang diharapkan akan dapat turut membantu mensosialisasikan bagaimana kemajuan dan kemampuan industri pertahanan dalam negeri khususnya dalam hal ini PT Pindad.

Lebih lanjut Dirut PT Pindad menjelaskan berbagai produk-produk Alpalhankam yang diproduksi oleh PT Pindad, mulai dari berbagai varian senjata, munisi, kendaraan fungsi khusus, kendaraan tempur, kendaraan taktis hingga medium tank.

“Selain itu, Pindad juga memproduksi produk – produk industrial diantaranya memproduksi alat berat excavator, dikenal dengan Excava 200 yang sudah lumayan banyak dijual”, tambah Dirut PT Pindad.

PT Pindad juga memproduksi tabung gas untuk Pertamina, generator dan mesin listrik, alat – alat mesin pertanian hingga infrastruktur perhubungan untuk kereta api dan peralatan kapal laut serta jasa pertambangan umum.

Dirut PT Pindad mengungkapkan bahwa target arah transformasi PT Pindad kedepan adalah bagaimana menjadi salah satu dari 100 perusahaan industri pertahanan terbaik global di tahun 2024.

Turut serta mendampingi Karo Humas Setjen Kemhan pada kegiatan Defence Tour 2021 tersebut antara lain Kabag Opini Rohumas Setjen Kemhan Kol. Inf. Drs. Silvester A T, M.A., Kabag Hubmitra Rohumas Setjen Kemhan Kol. Laut Hadi Prayitno, Kabag Pemberitaan Biro Humas Setjen Kemhan Kol. Arm. Joko Riyanto, dan Kasubbag Hubmedmas Bag Pemberitaan Rohumas Setjen Kemhan.(Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia