Irjen Kemhan : Fungsi Pengawasan untuk Pastikan Penggunaan Anggaran Transparan dan Akuntabel

Kamis, 13 Januari 2022

Jakarta – Inspektur Jenderal Kementerian Pertahanan (Irjen Kemhan) Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana, S.I.P., M.M., menegaskan bahwa pengawasan merupakan salah satu fungsi manajemen yang perlu dilaksanakan secara berkesinambungan, dengan tujuan menjaga pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi selalu pada arah dan sasaran, sekaligus mendorong dan meyakinkan bahwa anggaran yang tersedia digunakan secara tertib, transparan serta akuntabel sesuai ketentuan atau peraturan yang berlaku.

Hal itu ditegaskan Irjen Kemhan dalam sambutannya yang disampaikan oleh Inspektur IV Itjen Kemhan Brigjen TNI Ketut Budiastawa, S,Sos., M.Si sebagai Pengendali Tim, saat Pembukaan Taklimat Awal Post Audit Program Kerja dan Anggaran Tahun Anggaran 2021 Biro Humas Setjen Kemhan dan Pusat Kelaikan (Puslaik) Kemhan, mulai 13 sampai 21 Januari 2022, di Jakarta.

“Dukungan dan partisipasi aktif serta keterbukaan kepada Tim Itjen kemhan akan sangat membantu pelaksanaan tugas pemeriksaan, sehingga keberadaan tim dapat memberikan masukan dan rekomendasi yang tepat sesuai dengan apa yang diharapkan pimpinan”, tegas Irjen Kemhan.

Senada dengan Irjen Kemhan, Kepala Biro Humas Setjen Kemhan Marsma TNI Penny Radjendra, S.T., M.SC., M.SC., dalam sambutannya mengatakan, Inspektorat Jenderal Kementerian Pertahanan (Itjen Kemhan) sebagai Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) di lingkungan Kemhan, diharapkan bisa menjalankan peran consulting secara optimal dan sebagai fungsi kontrol dalam siklus manajemen modern, untuk mengoptimalkan fungsi sistem dalam suatu organisasi secara baik dan benar, serta memastikan pelaksanaan tugas di Biro Humas Setjen Kemhan sudah memedomani program yang ditetapkan, taat asas dan aturan, mulai dari perencanaan sampai tahap pelaksanaan.

Turut hadir pada Pembukaan Post Audit tersebut, Kapuslaik Kemhan Laksma TNI Teguh Sugiono, S.E., M.M., Ketua Tim beserta anggota Tim Pengawasan Post Audit Itjen Kemhan serta Pejabat Eselon III Biro Humas Setjen Kemhan dan Puslaik Kemhan. “Semoga kegiatan yang dilaksanakan ini dapat memberikan manfaat untuk peningkatan kinerja Biro Humas Setjen Kemhan dan Puslaik Kemhan ke depan”, kata Karo Humas. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia