Karo Humas Hadiri Kick Off E-Monev Keterbukaan Informai Publik Tahun 2022

Rabu, 10 Agustus 2022

 

 

Jakarta – Kepala Biro Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Taufiq Shobri menghadiri Kick Off E-Monev Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2022. Kegiatan yang bertemakan “Digitalisasi E-monev Menuju Peta Keterbukaan Informasi Publik Indonesia” itu dibuka Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) Donny Yoesgiantoro, Rabu (10/8), di Jakarta.

“Di tahun 2022 ini, akan dilakukan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik terhadap 7 kategori Badan Publik yang meliputi Kementerian, Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LN LPNK), Lembaga Non Struktural (LNS), Pemerintah Provinsi, Badan Usaha Milik Negara, Perguruan Tinggi Negeri, dan Partai Politik, yang mengacu pada Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2022 tentang Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik (Perki Monev)”, kata Ketua KIP Donny Yoesgiantoro menjelaskan.

Monev Keterbukaan Informasi Publik bertujuan untuk mengukur tingkat kepatuhan Badan Publik dalam pelaksanaan keterbukaan informasi, mengidentifikasi, menginventarisasi, memberikan umpan balik dan solusi permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan keterbukaan informasi. Monev juga dimaksudkan untuk penyusunan data dan informasi sebagai bahan advokasi kebijakan keterbukaan informasi serta penyusunan data awal dalam pembuatan peta digital keterbukaan informasi di Indonesia, serta mengetahui dan memetakan tantangan pengelolaan informasi publik selama masa penanganan wabah Covid-19.

Data ini dihimpun sebagai materi dasar penyusunan data digital tentang Peta Keterbukaan Informasi Publik di Indonesia melalui aplikasi e-monev.komisiinformasi.go.id. Aplikasi e-monev ini juga dimaksudkan untuk memotret hasil Monev Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2022 dalam sebuah peta keterbukaan informasi publik di Indonesia. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia