Wujudkan Generasi Emas Indonesia, Unhan RI Cetak Mahasiswa Berkarakter Pancasila

Selasa, 20 September 2022

Bogor – Untuk mewujudkan generasi emas Indonesia di Tahun 2045 para peserta didik Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) akan dididik dan dilatih agar memiliki kemampuan fisik maupun intelektual berkarakter Pancasila.

Hal itu dikatakan Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) RI Laksdya TNI Amarulla Octavian, saat melakukan wawancara Podcast “Defence’s Advocate” Biro Humas Setjen Kemhan, di Unhan RI, Selasa (20/9) bertemakan “SDM Unhan RI”.

Dalam penjelasannya Rektor Unhan RI menyampaikan, civitas akademika Unhan RI memiliki fungsi untuk masa damai dan masa perang. Pada masa damai, Unhan RI menyelenggarakan pendidikan, sedangkan di masa perang ikut bertempur. “Jadi para Perwira dan Tentara di Unhan juga memiliki kemampuan tempur yang sama dengan satuan-satuan tempur di TNI”, kata Rektor Unhan.

Sementara dalam upaya penciptaan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas dan berwawasan, Rektor Unhan RI menambahkan penjelasannya, dilaksanakan dengan memegang teguh nilai-nilai kebangsaan sendiri yakni Pancasila, yang dijadikan dasar untuk meningkatkan kemampuan tempur maupun kemampuan akademik.

“Bangsa Indonesia harus percaya bahwa Pancasila adalah yang terbaik untuk negara. Dan semua nilai-nilai Pancasila diaplikasikan di Unhan RI. Karenanya, pembentukan awal mahasiswa Unhan RI adalah manusia berkarakter Pancasila, serta berjiwa pantang menyerah dengan terus belajar dan berlatih”, ungkap Rektor Unhan RI.

Rektor Unhan RI melanjutkan penjelasannya, bahwa dalam menjaring calon mahasiswa unggulan, Unhan RI melakukan seleksi yang ketat dengan menggunaka standar internasional agar dapat mencapai Akreditasi Internasional di 2024 untuk mewujudkan World Class Defence University. (Biro Humas Setjen Kemhan).




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia