Irjen Kemhan : Fungsi Pengawasan Penting untuk Keberhasilan Organisasi

Senin, 6 Maret 2023

Jakarta – Setiap pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran dituntut selalu transparan dan akuntabel, dimana setiap kemungkinan yang berpotensi menimbulkan penyimpangan hendaknya dapat diidentifikasi secara dini, untuk mencegah terjadinya penyimpangan.

Hal itu ditegaskan Irjen Kemhan dalam sambutannya yang disampaikan oleh Inspektur III Itjen Kemhan Marsma TNI Sugiharto Prapto W., selaku Pengendali Tim pada kegiatan Taklimat Awal Post Audit Itjen Kemhan, Terhadap Program Kerja dan Anggaran Biro Humas Setjen Kemhan dan Puslaik Kemhan TA. 2022, di Biro Humas Setjen Kemhan, Jakarta, Senin (6/3).

“Fungsi pengawasan sangat penting sekaligus mewarnai keberhasilan setiap organisasi dalam upaya tercapainya tujuan dan sasaran yang efektif, efisien dan ekonomis”, tegas Irjen Kemhan.

Senada dengan Irjen Kemhan, Karo Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pengawasan post audit Itjen Kemhan atas program kerja dan anggaran TA. 2022 ini merupakan implementasi dari fungsi kontrol dalam siklus manajemen modern, untuk mengoptimalkan fungsi sistem dalam suatu organisasi secara baik dan benar. Kegiatan pengawasan ini juga dimaksudkan untuk memastikan bahwa dalam pelaksanaan tugasnya, Biro Humas Setjen Kemhan dan Puslaik Kemhan sudah berpedoman pada program yang ditetapkan, taat asas serta taat aturan, mulai dari tahap perencanaan sampai dengan tahap pelaksanaan.

“Saya berharap tim Auditor segera memberikan koreksi sekaligus arahan sekiranya menemukan adanya kekurangan maupun kelemahan dalam pelaksanaan program kerja dan anggaran, agar kualitas pertanggungjawaban keuangan dan pelaksanaan kinerja Biro Humas Setjen Kemhan dan Puslaik Kemhan dapat terlaksana sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku”, ujar Karo Humas.

Turut hadir pada Pembukaan Post Audit tersebut, Kapuslaik Kemhan Marsma TNI Mohammad Yani Rudiansyah, Tim Wasrik Itjen Kemhan, Pejabat Eselon III Puslaik Kemhan dan Biro Humas Setjen Kemhan. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia