Karo Humas Hadiri Launching Buku IKIP 2023 dan UU KIP

Kamis, 14 September 2023

Jakarta – Karo Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha mewakili Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menghadiri acara Launching Buku Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) 2023 dan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) Versi Braille dan Audio, di Jakarta, Kamis (14/9).

Kegiatan launching ini dibuka secara resmi oleh Ketua KIP Donny Yoesgiantoro dan dihadiri sejumlah perwakilan dari kementerian. Selain itu, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid juga turut hadir dan memberikan sambutan.

Dalam kegiatan ini, Komisi Informasi Pusat telah melaunching tiga buku terkait Indeks Keterbukaan Informasi Publik pada tahun 2023 yaitu BUKU I, II, dan III. BUKU IKIP Tahun 2023 ini menggambarkan seluruh metode, tahapan dan penilaian daerah maupun nasional, serta laporan hasil tiap provinsi di seluruh Indonesia.

Hasil IKIP tahun 2021-2023 yakni 71.37, 74.43 dan 75.40. Data ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil sebesar 3.06 dan 0.97 dimana hasil yang diperoleh selama 3 (tiga) tahun tersebut berada pada kategori Sedang.

Sementara itu, terkait UU KIP versi braille dan audio merupakan hasil kerja sama KI Pusat dengan Kementerian Sosial RI guna memastikan seluruh warga negara tidak terkecuali penyandang disabilitas berhak untuk mengakses informasi publik. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia