KAPUSHANSIBER SAMPAIKAN URGENSI KEAMANAN SIBER PERTAHANAN NEGARA

Senin, 25 Februari 2019

Jakarta – Kepala Pusat Pertahanan Siber ( Kapushansiber ) Kemhan RI Marsma TNI Raja H. Manalu menjadi salah satu narasumber dalam Workshop Keamanan Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertahanan RI. Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Departemen Pertahanan Amerika dan di adakan pada hari senin, 25 Februari 2019 bertempat di Ballroom The Ritz-Carlton Jakarta.

Kapushansiber memberikan paparan mengenai Keamanan Siber dalam Pertahanan Negara. Dalam paparannya, Indonesia berada pada peringkat 70 Global Cybersecurity Index. Hal ini tidak terlepas dari perkembangan teknologi informasi yang memasuki zaman internet of things sehingga menimbulkan adanya aktivitas serangan siber seperti pemindaian, pencurian identitas, malware dsb.

Sebagai penutup terdapat beberapa hal yang menjadi catatan dalam penanganan keamanan siber yaitu peningkatan regulasi nasional dan transnasiona, penegakan regulasi hukum diranah siber, penguatan kapabilitas penegak hukum, serta peningkatan koordinasi antar penegak hukum.

Adapun yang turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Sekjen Kemhan, Rektor Unhan, Dirjen Strahan, Kuathan, dan Pothan Kemhan, perwakilan dari Polhukam, serta delegasi dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat. (LCB)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia