KAPUSHANSIBER TINDAK LANJUTI RENCANA KERJASAMA INDUSTRI KEAMANAN SIBER DENGAN KEDUBES INGGRIS

Jumat, 8 Maret 2019

 

Jakarta – Kementerian Pertahanan (Kemhan) menggelar pertemuan dengan Sekretaris I Kedubes Inggris terkait surat permintaan diskusi di bidang keamanan siber. Acara berlangsung pada hari Selasa (5/3) dihadiri oleh Kapushansiber Bainstrahan Kemhan, para Kabid dan Analis Madya Pushansiber Bainstrahan Kemhan, Christian Ayres (Sekretaris I Bid Hankam Kedubes Inggris) dan Yannoar Wauran (staf Kedubes Inggris).

Pada pertemuan yang digelar di Kantor Bainstrahan Kemhan, Jakarta, tersebut kedua pihak mendiskusikan rencana kerjasama di bidang keamanan siber yang merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya dengan BSSN.

Kali ini Kedubes Inggris bersama Industri Keamanan Siber, Bae (British Aerospace), bermaksud mengundang Kapushansiber beserta staf (kurang lebih 15 orang) untuk melakukan diskusi intensif dan melaksanakan paparan di kedua belah pihak khususnya tentang strategi pelaksanaan pengamanan di ranah siber.

Rencana diskusi intensif itu akan diselenggarakan di Shangri-la Hotel, Jakarta, pada tanggal 18 Maret 2019. Kedubes Inggris dan Bae System selaku fasilitator di acara itu akan membawa expert mereka di bidang keamanan siber serta berdiskusi lebih dalam tentang pengembangan SDM, regulasi, maupun teknologi pengembangan. Diharapkan Kapushansiber dapat melaksanakan paparan tentang kegiatan keamanan siber yang dilaksanakan di Kemhan serta harapan kedepannya.

Kerja sama bidang keamanan siber antara Indonesia dan Inggris sendiri telah diformalkan dalam bentuk Nota Kesepahaman antara kedua negara yang mana Pemerintah Indonesia diwakili oleh BSSN.

Pada bulan Juni 2019 nanti, Pemerintah Inggris bersama Bae kembali memfasilitasi kunjungan delegasi Kemhan ke Instansi Keamanan Siber di London. Teknis pelaksanaan akan dibicarakan pada pertemuan tanggal 18 Maret 2019 mendatang. (red/anang)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia