KUNJUNGAN STAF AHLI KASAD KE PUSHANSIBER KEMHAN

Senin, 8 April 2019

Jakarta – Staf Ahli Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) melakukan kunjungan ke Pusat Pertahanan Siber (Pushansiber) Bainstrahan Kemhan RI, dalam rangka studi banding tentang pertahanan siber, Senin (08/04).

Staf ahli Kasad yang berkunjung ke Pushansiber diantaranya Brigjen TNI Arif Susilo, Brigjen TNI Rukman Akhmad, S.I.P., M.S.S., Kolonel Kav Ghoib Pujantoro, S.I.P., M.M., Kolonel Inf Rimbo Karyono, S.I.P., M.M. dan Kolonel Inf Yulius Wijayanto, S.I.P., M.M.

Rombongan tiba di gedung Sutan Sjahrir Pushansiber, sekitar pukul 09.40 WIB kemudian langsung diarahkan menuju ke ruang rapat. Kapushasiber Marsma Raja H. Manalu, S.Sos., M.IP. menyambut secara langsung kedatangan rombongan tersebut.

Acara dimulai dengan paparan mengenai gambaran umum Pusat Pertahanan Siber oleh Kapushansiber, Marsma TNI Raja H. Manalu, S.Sos,. M.I.P. Kemudian Brigjen TNI Arif Susilo menyampaikan maksud dan tujuan tim datang ke Pushansiber, yaitu untuk melakukan studi banding dan meminta masukan terkait rencana untuk membentuk Satuan Pelaksana Siber di TNI AD. Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi sampai waktu Ishoma.

Setelah Ishoma rombongan Staf Ahli Kasad berkunjung ke beberapa fasilitas yang dimiliki Pushansiber Bainstrahan Kemhan RI. Staf Ahli Kasad beserta rombongan mengunjungi beberapa rungan untuk melihat secara langsung fasilitas yang ada serta melakukan diskusi singkat dangan beberapa staf di Pushansiber.

Setelah itu, rombongan kembali menuju ke ruang rapat untuk melanjutkan diskusi dan menutup rangkaian kegiatan pada hari itu. Hasil dari kegiatan kunjungan tersebut diantaranya terdapat beberapa saran dan masukan dari Kapushansiber, yang dapat digunakan sebagai pertimbangan mengenai rencana TNI AD yang akan membentuk Satuan Pelaksana Siber.

Kegiatan kunjungan ini juga dapat memberikan dampak positif yaitu terjalin kerjasama yang baik, antara Pushansiber dan TNI AD dalam mengembangkan pertahanan siber. Sekitar pukul 15.00 WIB rombongan Staf Ahli Kasad meninggalkan gedung Sutan Sjahrir Pushansiber. (Red/Nur)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia