KAPUSHANSIBER SAMBUT KUNJUNGAN KAPUSDATIN KEMHAN KE PUSHANSIBER

Senin, 24 Juni 2019

Jakarta – Kepala Pusat Pertahanan Siber (Kapushansiber) Bainstrahan Kemhan Marsma TNI Raja H Manalu mendapat kunjungan dari Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Kemhan Brigjen TNI Dominggus Pakel pada Senin (24/6).

Kegiatan berlangsung pada pukul 10.30 WIB dan bertempat di ruang rapat lt.3 Gedung Sutan Sjahrir, Jakarta.

Kegiatan bertema silaturrahim itu dihadiri pula oleh para Kabid, Analis Madya, dan pejabat eselon IV dari kedua instansi.

Acara dibuka dengan sambutan dan perkenalan staf masing-masing oleh Kapushansiber dan Kapusdatin. kemudian dilanjutkan dengan diskusi terkait kerja sama antara Pushansiber dan Pusdatin.

Selama agenda diskusi berlangsung Kapushansiber menyampaikan di dalam forum bahwa Pushansiber pada tahun anggatan 2019 belum memiliki mata anggaran sehingga berdampak kepada kondisi alat utama yang memerlukan pemeliharaan secara terus-menerus.

Kondisi terkini Pushansiber yang perlu mendapatkan perhatian itu ditanggapi dengan baik oleh Kapusdatin. Sebagai subsatker yang dahulunya adalah bagian dari Pusdatin maka ke dua instansi tersebut harus tetap berjalan bersama.

Pusdatin akan mendukung penetapan status BMN khususnya pada alat-alat utama dan pendukungnya agar lebih tertib administrasi serta kerja sama audit terhadap alat utama dengan standar baru ISO 27001.

Permasalahan jaringan yang ada di Kemhan juga tidak lepas dari perhatian mereka. Pusdatin berencana menata ulang topologi jaringan sehingga memudahkan dalam pengamanan, pemeriksaan, perawatan, dan perbaikan apabila terjadi kerusakan secara alami atau diaktibatkan serangan siber.

Selain itu Pusdatin juga berencana mengajak Pushansiber dan Puskompublik untuk mengadakan pertemuan secara berkala dalam rangka menciptakan sinergi sesuai tupoksi masing-masing.

Acara ditutup dengan makan siang dan berakhir pada pukul 12.30 WIB. (Red/Anang)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia